Kepala Daerah Diminta Ikut Aktif dalam Penanganan Inflasi

LANGITSULTRA.COM | KENDARI – Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian memimpin rapat koordinasi tim pengendalian inflasi secara daring diikuti para Kepala daerah seluruh Indonesia, Senin (19/12/2022).

Dalam arahannya, Tito mengatakan ada 10  solusi pengendalian inflasi, diantaranya, isu pengendalian inflasi dijadikan isu prioritas dan sinergi semua stakeholder seperti saat penanganan pandemi Covid-19.

Menurutnya harus ada campuran tangan Kepala daerah dalam menangani inflasi sehingga tidak terjadi auto pilot atau terjadi ketergantungan terhadap mekanisme pasar secara alami.

Bacaan Lainnya

“Komunikasi publik. Jangan membuat masyarakat panik, kesediaan pangan cukup sehingga tidak terjadi rush panik membeli barang jelang Nataru”, ungkapnya.

Mantan Kapolri ini menjelaskan bahwa tim pengendalian inflasi harus tetap jalan dan konsisten termasuk mengaktifkan satgas pangan agar rutin memonitor harga-harga.

“Subsidi tepat sasaran harus terus dipantau dan penghematan energi merupakan hal lain yang harus menjadi perhatian pemerintah daerah”, jelasnya.

Sementara itu, Pemerintah Kota Kendari telah melakukan sejumlah langkah untuk mengendalikan inflasi, salah satunya dengan menggelar pasar murah hingga di tingkat kelurahan.

Selain itu, Wali Kota Kendari juga rutin menggelar rapat melibatkan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID).

Editor : Fitho

Pos terkait