Kain Tradisional Dodo Ditampilkan dalam Seminar Pengembangan Tenun Motif Tradisional Khas Kolaka Utara

LANGITSULTRA.COM | KOLUT – Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Sukanto Toding membuka Seminar Pengembangan Tenun Motif Tradisional Khas Kolaka Utara pada Minggu (5/11/2023).

Beragam motif tenun ditampilkan di depan para peserta seminar dan undangan, sehingga para undangan memberikan apresiasi dan penghargaan atas keindahan dan keunikan seni tenun tradisional Kolaka Utara.

Seminar tersebut dilaksanakan oleh Dekranasda Kolaka Utara yg bertujuan untuk mempromosikan dan melestarikan seni tenun tradisional yang merupakan bagian penting dari warisan budaya daerah ini.

Bacaan Lainnya

Pj. Bupati, dalam pidatonya, menyampaikan bahwa pengembangan tenun motif tradisional adalah suatu upaya yang sangat penting dalam melestarikan budaya dan warisan leluhur.

Olehnya itu, ia menekankan pentingnya menjaga agar seni dan budaya ini tetap hidup dan berkembang dalam konteks zaman yang terus berubah.

“Kita harus tetap menjaga seni budaya ini tetap relevan di era modern”, ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pj. Dekranasda Kolaka Utara, Ir. Hj Nina Harini Yuniarti menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah upaya untuk memperkenalkan kain tenun lokal Kolaka Utara kepada masyarakat lebih luas.

“Seminar ini diharapkan menjadi langkah awal dalam mengeksplorasi motif khas Kolaka Utara, mencari identitas, aspek historis, dan keunikan yang melekat di daerah ini”, jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, diharapkan motif ini akan digunakan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan siswa sebagai bagian dari identitas dan budaya daerah.

Editor : Fitho

Pos terkait