Banyak Dikeluhkan Warga saat Reses, Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Sultra Terjunkan Alat Berat Bersihkan Kali Pasar

LANGITSULTRA.COM | KENDARI – Ketua Fraksi Partai Golkar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tenggara (Sultra) Aksan Jaya Putra (AJP) turun langsung dalam menormalisasi Kali Pasar Kota Kendari. 

sepanjang 300 meter, sejumlah alat berat dikerahkan untuk mengeruk sungai yang berada diantara Kecamatan Kelurahan Dapu-Dapura dan Kelurahan Sanua, Kecamatan Kendari Barat.

Dirinya mengatakan bahwa bantuan normalisasi atas permintaan masyarakat ketika reses atau penyerapan aspirasi anggota DPRD Provinsi Sultra terhadap konstituennya.

Bacaan Lainnya

“Jadi memang ketika saya tinjau lokasi tersebut sudah terjadi pendangkalan”, ungkapnya pada Jum’at (25/3/2022).

Lebih lanjut, dirinya berharap pemerintah kota (Pemkot) Kendari agar lebih memberikan perhatian khusus di wilayah tersebut. Apalagi kepadatan penduduk yang semakin meningkat setiap tahun, ditambah pendangkalan sungai dan drainase yang tertimbun sampah.

Olehnya itu, AJP yang juga sebagai Ketua Bappilu DPD I Golkar Sultra menginginkan Pemkot melalui PUPR Kota Kendari sudah harus mulai mendesain projek guna mengantisipasi terjadinya banjir akibat pendangkalan sungai.

Menyangkut soal anggaran, pihaknya mengatakan hal tersebut bisa dikomunikasikan, asal ada kemauan dari Dinas PUPR Kota Kendari sendiri.

“Jika ini tidak segera dilakukan, Kota Kendari akan selalu menjadi langganan banjir disetiap musim penghujan. Pastinya masyarakat akan terkena berdampak karena mereka bermukim di bentaran sungai atau tinggal di perumahan yang nota bene drainasenya tidak berjalan maksimal karena terjadi pendangkalan ataupun tersumbat”, jelasnya.

Di lokasi yang sama, Lurah Dapu-Dapura, Dasril Yamin mengaku kerap terjadi banjir ketika curah hujan tinggi. Hal tersebut diakibatkan adanya endapan lumpur dan sampah rumah tangga yang akhirnya membuat pendangkalan.

Sehingga dirinya sangat mengapresiasi bantuan normalisasi Kali Pasar Kota. Sebab dengan adanyak pengerukan endapan lumpur, membuat potensi terjadi banjir dapat terurai.

“Siapapun yang masuk mau membantu masyarakat, kami dari pemerintah sangat menyambut baik. Terutama kami ucapkan juga kepada Pak AJP yang mau menormalisasi yang berimbas positif terhadap masyarakat”, ucapnya.

Tim Liputan : Faizal Tanjung
Editor : Ewa

Pos terkait