Dana Hibah Untuk Partai Politik Disalurkan, Pemkot Harap Partisipasi Pemilih Meningkat

LANGITSULTRA.COM | KENDARI – Sebanyak 10 partai politik di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) menerima bantuan dana hibah dari Pemerintah Kota Kendari.

Melalui Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Kendari, Suhardin mengatakan bahwa saat ini pihaknya tengah merealisasikan dana hibah tersebut ke partai politik.

“Jadi ada sembilan partai politik yang sudah terealisasi”, ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa hanya satu parpol yang belum menerima dana hibah yakni Partai Amanat Nasional (PAN).

Dirinya menjelaskan bahwa jumlah alokasi dana hibah parpol disesuaikan dengan jumlah suara atau kursi di DPRD Kota Kendari.

“Suara terbanyak kan dari PKS, kemudian PAN Golkar lalu PDIP”, terangnya.

Di tempat yang sama, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir saat ditemui awak media dalam Launching Kelurahan Peduli Pemilu dan Pemilihan pada Senin (8/11/2021).

Ia mengatakan bahwa dana hibah parpol tersebut diberikan kepada 10 partai politik yang memiliki suara di DPRD Kota Kendari.

“Nilai yang dikucurkan Pemkot Kendari untuk dana hibah parpol, mencapai Rp1 miliar”, ucapnya.

Pihaknya berharap dana hibah parpol ini dapat digunakan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih di Kota Kendari.

“Juga digunakan untuk merekrut kader partai yang betul-betul dipilih oleh rakyat”, terangnya.

Untuk diketahui, Dana hibah parpol yang dikucurkan tidak mengalami kenaikan jika dibanding dengan tahun sebelumnya karena masih menunggu keputusan atau regulasi dari pemerintah pusat.

Tim Liputan : Faizal Tanjung
Editor : Ewa

Pos terkait