Pembukaan PON Ke 20 Papua Bakal Dihadiri Presiden Joko Widodo

LANGITSULTRA.COM | KENDARI – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo bakal membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua Ke XX pada Sabtu (2/10/2021) mendatang.

Hal tersebut dibenarkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali bahwa Presiden Indonesia yang membuka kegiatan olahraga empat tahunan tersebut.

“Tanggal tersebut, pak Presiden Jokowi akan membuka PON. Persiapan yang akan dilakukan panitia besar itu akan berkoordinasi dengan KONI, Kemenpora, dan tentunya semua unsur terkait, dengan paspampres”, ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Dirinya menambahkan, Jokowi berpesan agar PON Papua berjalan dengan lancar dan sukses. Karena itu pula ia akan berkantor di Papua selama PON berlangsung guna memastikan semua berjalan lancar

“Pesan presiden sukseskan PON dan beliau menyampaikan kepada kami, saya dan menteri terkait, kepada menko, untuk serius menangani persiapan ini. Pak presiden menyampaikan supaya kami kerja sama”, terangnya.

“Pak presiden mengharapkan sukses. Ini ajang pertama yang kita lakukan di tengah pandemi bagi bangsa ini, setelah hampir dua tahun mengalami pandemi, maka kita coba bangkit dan melakukan kegiatan. Mudah-mudahan sukses”, tambahnya.

Lebih lanjut ia memastikan situasi keamanan bisa terkendali meski ada keberadaan kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang dalam beberapa pekan terakhir meneror warga dan aparat.

“Saya kira sampai saat ini, kami dapat informasi dari pihak Polri, TNI, badan intelijen, sesuai dengan yang direncanakan. Apabila ada potensi-potensi yang mengganggu akan cepat ditanggulangi karena sudah ada mitigasi”, jelasnya.

Menurutnya Polri, TNI, dan BNN lebih tahu apa yang akan dan harus dilakukan, termasuk titik-titik rawan.

“Pengamanan sudah diatur oleh Polri, penempatannya di mana mereka yang tahu. Bagi kami yang penting PON ini berlangsung dengan aman dan tak ada gangguan. Teknisnya seperti apa dari Polri. Kami tidak perlu harus tahu”, ucapnya.

“Yang penting kita sudah ada tugas masing-masing. Menpora melakukan apa, Panglima TNI melakukan apa, dan Polri melakukan apa. Ini kan tidak pertama kali kita laksanakan. Saya sangat percaya dengan pengamanan”, harapnya.

Menpora pun memastikan tambahan dana Rp1,4 triliun yang diminta PB PON sudah disetujui pemerintah. Menteri Keuangan Sri Mulyani sudah memberi restu. Dana ini nantinya hanya lewat di Kemenpora.

“Persisnya tadi malam, sudah diresmikan menteri keuangan. Akhirnya diputuskan melewati Kemenpora sebagai salurannya, lalu langsung ke bawah. Formalnya di kita, materialnya di papua”, tutupnya.

Tim Liputan : Fitho
Editor : Ewa

Pos terkait