Jadi Tanaman Langka, Monstera Variegata Dijual Hingga Ratusan Juta

LANGITSULTRA.COM | KENDARI – Tanaman Monstera Variegata merupakan tanaman dengan daun yang terlihat berlubang dan varietas dari tanaman Monstera yang kerap disebut dengan Monstera Delisioca ‘Albo Variegata’.

Dikutip dari Thrusd, tanaman ini memiliki sejumlah penyebutan yakni Variegated cheese Plant, Variegated Monstera, dan Variegated Swiss Cheese Plant.

Penamaan Monstera variegata, maupun penyebutan Monstera ‘albo Variegata’ ini sebenarnya mengacu pada kultivar yang dihasilkan dari spesies Monstera deliciosa.

Bacaan Lainnya

Monstera deliciosa memiliki dua kultivar berbeda, yakni Monstera ‘Albo Variegata’ yang memiliki variegasi putih yang biasanya menutupi hingga setengah daun serta Monstera Deliciosa Thai Constellation yang memiliki variegasi kuning krem.

Dikutip dari Indoorgardenook, tanaman Monstera variegata merupakan tanaman tropis merambat yang berasal dari Meksiko Selatan dan Panama.

Di alam, ia bisa tumbuh besar hingga 9 meter dengan daun yang khas serta tanaman ini membutuhkan dukungan untuk pertumbuhan yang optimal.

Ia menghasilkan bunga putih krem yang tidak mencolok, Tanaman ini merambat menggunakan akar udara dan diklasifikasikan sebagai epifit.

Selain itu, Monstera variegata menghasilkan sedikit klorofil dan berfotosintesis jauh lebih sedikit, karena daunnya tidak sepenuhnya berwarna hijau.

Sehingga, menumbuhkan tanaman ini memang agak sedikit lambat dan membutuhkan tingkat keterampilan tertentu.

Di saat permintaan tanaman ini tinggi, tanaman ini menjadi semakin langka karena cukup susah untuk mendapatkannya.

Tanaman Monstera variegata memiliki daun besar, mengkilap, dan berbentuk hati.

Yang unik, tanaman ini mengubah penampilannya seiring bertambahnya usia dengan corak pemisahan warna yang berbeda dari waktu ke waktu.

Belakangan ini, tanaman hias Monstera Variegata tengah menjadi perbincangan publik.

Pasalnya, tanaman ini jadi incaran para kolektor, yang harganya fantastis hingga mencapai Rp 225 juta.

Tim Liputan : Langit Sultra
Editor : Fatan

Pos terkait