Daerah

Bawaslu Gelar SKP2, Diikuti Sebanyak Seratus Orang Peserta

LANGITSULTRA.COM | KENDARI – Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Tingkat Dasar yang dihelat oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) resmi dibuka di salah satu hotel di Kendari pada Senin (13/9/2021).

Kegiatan tersebut, dibuka langsung oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia (RI) Abhan dan diikuti sebanyak 100 orang peserta dari Kota Kendari, Konawe dan Konawe Selatan.

Ketua Bawaslu RI Abhan yang ditemui usai membuka kegiatan ini mengatakan bahwa Kegiatan ini secara nasional diikuti kurang lebih sepuluh ribu peserta

“Ini dilaksanakan secara bergelombang masing-masing provinsi dan sudah ada jadwalnya masing-masing”, ungkapnya.

“Peminatnya banyak sekali, hanya karena anggaran terbatas dan kondisi pandemi, maka kita batasi”, tambahnya.

Ia menambahkan bahwa dengan adanya kegiatan SKPP ini, maka diharapkan kader tersebut akan menjadi simpul-simpul pengawas pemilu dan bisa bergerak bersama masyarakat untuk terlibat mengawasi tahapan pemilu dan pemilihan.

“Seperti yang saya katakan tadi, money politik, hoax, ujaran kebencian, dan sebagainya, itu khan membutuhkan partisipasi masyarakat, masyarakat sendiri harus berani, jika ada politik uang, masyarakat harus berani melawan politik uang, harus berani menolak hoax dan ujaran kebencian”, terangnya.

“Untuk menghadapi itu perlu dukungan masyarakat, karena Bawaslu tidak mungkin bekerja sendirian, tapi dengan adanya simpul-simpul ini bersama Bawaslu dapat memberikan edukasi ke masyarakat”, tegasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Tenggara Hamiruddin Udu menyampaikan bahwa kegiatan hari ini pesertanya ada 100 orang, karena situasinya masih pandemi, maka seluruh peserta diharuskan sudah mengikuti vaksin dan begitu masuk dalam ruangan ini mereka diswab untuk memastikan bahwa seluruh peserta negatif Covid-19.

“Kemudian harapan kami bahwa alumni dari SKPP ini kemudian bisa menjadi aktor lokal yang mendorong edukasi politik dan ikut mengawal dan mengawasi pelaksanaan pemilu dan pemilihan di tahun 2024″, harapnya.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan saat ini diikuti oleh peserta dari Kota Kendari, Kabupaten Konawe dan Kabupaten Konawe Selatan.

“Dan kegiatan serupa sudah kami laksanakan di Kolaka, Kolaka Utara, Bombana, Bau-bau, Buton dan Buton Selatan”, jelasnya.

“Sisanya yang belum akan kita agendakan ditahun berikutnya”, tutupnya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir, Ketua DPRD Kota Kendari Subhan, Rektor UHO Muhammad Zamrun Firihu , Rektor UMK Amir Mahmud, Ketua KPU Sultra Laode Abdul Natsir, Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Tenggara Hamiruddin Udu, Ketua Bawaslu Kabupaten Kota Se Sultra dan perwakilan unsur Forkompimda.

Tim Liputan : Ewa
Editor : Fitho

Bawaslu Gelar SKP2, Diikuti Sebanyak Seratus Orang Peserta
Langit Sultra mengusung slogan Melihat Lebih Luas Dan Bijak merupakan media terpercaya, menyajikan informasi yang lebih jelas dan berimbang dalam memberitakan, serta menjadikan masyarakat lebih bijak menanggapi sebuah informasi, kami berkomitmen untuk memberikan dukungan bacaan yang baik dan bermutu demi terwujudnya media sebagai kontrol masyarakat yang positif dan mengedepankan persatuan demi terwujudnya indonesia yang lebih baik.

Copyright © 2018 Langitsultra[dot]com.

To Top