Jalan Penghubung Antar Provinsi yang Rusak, Kini Dalam Proses Pembenahan

LANGITSULTRA.COM | KONAWE – Kementrian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Bima Marga Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sulawesi Tenggara kini tengah menyelesaikan jalan yang rusak akibat longsor di Kecamatan Sampara Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara.

Perbaikan pinggir jalan yang longsor akibat kikisan sungai konawe merupakan jalan penghubung antar kabupaten kota serta Provinsi Sulawesi Selatan dan Provinsi Sulawesi Tengah.

Jalan poros yang ada di Kecamatan Sampara Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara yang sebelumnya longsor akibat kikisan air Sungai Konaweeha kini dalam tahap penyelesaian perbaikan.

Bacaan Lainnya

Saat ini tengah dilakukan pemasangan pipa bore pail yang nantinya menjadi pondasi guna menahan kikisan air Sungai Konaweeha.

Jalan poros ini merupakan jalan utama yang menghubungkan kabupaten kota yang ada di Sulawesi Tenggara serta menuju ke Provinsi Sulawesi Selatan dan Provinsi Sulawesi Tengah.

Mengingat jumlah pengguna kendaraan yang melintas jalur ini sangatlah tinggi sehingga percepatan penyelesaian perbaikan bibir jalan poros sampara ini sangatlah diharapkan.

Terlebih beberapa bulan yang lalu kendaraan yang akan melintas harus antri hingga beberapa jam dikarenakan menggunakan sistem buka tutup agar seluruh kendaraan bisa melintas di jalan poros Kecamatan Sampara.

Perbaikan bibir jalan poros Sampara Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara menelan anggaran kurang lebih 22 milyar yang diperuntukan jalan dengan panjang kurang lebih 145 meter serta membuat dinding penahan kikisan sungai konaweeha.

Pejabat pembuat komitmen dua, satuan kerja pelaksana jalan nasional wilayah dua balai pelaksanaan jalan nasional Provinsi Sulawesi Tenggara Lumbardin mengatakan perbaikan jalan poros kecamatan sampara yang sebelumnya rusak akibat longsor kini dalam tahap penyelesaian perbaikan dan di pastikan tahun ini sudah dapat di lintassi dengan nyaman.

“Jadi, jalan yang rusak dikarenakan longsor tersebut sudah dalam tahap penyelesaian perbaikan dengan pengerjaan yang maksimal sehingga tahun ini sudah dapat dilalui dengan nyaman”, terangnya.

Tim Liputan : Langit Sultra
Editor : Abdi

Pos terkait