Ratusan Warga Binaan Lapas Kelas Dua Kendari Berikan Hak Pilihnya

LANGITSULTRA.COM | KENDARI – Sebanyak 540 warga binaan antusias menyalurkan hak pilihnya di tempat pemungutan suara (TPS) khusus Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas Kelas IIA Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Lapas Kelas IIA Kendari, Tapianus Antonio Barus saat ditemui awak media menjelaskan bahwa ratusan warga binaan pemasyarakatan atau Narapidana mulai mengantre di TPS sejak pagi. Mereka, lanjut dia, terlihat sangat antusias untuk menyalurkan hak pilihnya.

“Khususnya di lokasi TPS khusus di Lapas Kelas IIA Kendari ada sebanyak dua TPS, pelaksanaan kita mulai tadi pukul 07.00 WITA dan nanti akan berakhir di pukul 13.00 WITA”, ucapnya pada Rabu (14/2/2024).

Bacaan Lainnya

Dia menuturkan bahwa berdasarkan data, untuk jumlah pemilih khusus warga binaan di Lapas Kelas IIA Kendari sebanyak 540 pemilih yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT).

“Itu khusus warga binaan pemasyarakatan yang masuk dalam DPT”, jelasnya.

Antonio Barus juga menyebut bahwa selain warga binaan TPS khusus Lapas Kendari itu juga menjadi tempat pemilihan bagi petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan beberapa orang keluarga pegawai Lapas Kelas IIA Kendari.

“Untuk TPS khusus ini mayoritas sebagian besar yang memilih warga binaan pemasyarakatan ditambah petugas KPPS yang bertugas dan satu dua orang dari keluarga pegawai Lapas”, jelasnya.

Sementara untuk pengamanan di TPS, kata dia, khusus Lapas Kelas IIA Kendari tak berbeda dengan TPS pada umumnya.

“Untuk pengamanan TPS sama dengan TPS pada umumnya, terdapat dari KPPS, pengawas sama ada dari KPU (Komisi Pemilihan Umum), Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu), PPK, saksi dari partai politik, dan kepolisian”, ujarnya.

Dia mengatakan bahwa untuk KPPS dan petugas di TPS khusus itu sendiri merupakan gabungan dari petugas Lapas dan masyarakat sipil.

Editor : Faizal Tanjung

Pos terkait