Expo UMKM DPD Aku Mandiri di Kolaka Utara Diduga Tak Berkontribusi ke Daerah

LANGITSULTRA.COM | KOLUT – Expo UMKM yang diselenggarakan oleh DPD Aku Mandiri di taman alun-alun Lasusua, Kec. Lasusua, Kab. Kolaka Utara, Prov. Sulawesi Tenggara, diduga telah terjadi pungutan liar pada pengguna lapak selain itu tidak memberi kontribusi terhadap pajak daerah.

Hal ini disampaikan oleh Miftachul Chair, S.Sos., Kepala Bidang PBB-P2 & BPHTB Bapenda Kab. Kolaka Utara mengatakan bahwa terkait kegiatan tersebut kontribusi pajaknya terhadap daerah tidak ada.

“Kegiatan tersebut memenuhi syarat untuk bayar pajak sesuai amanah undang-undang dan perda yang ada. Namun, sampai saat ini belum ada laporan dari panitia”, ucap Miftachul.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Haeryl Imran, S.E., (Kabid Aset BKAD Kab. Kolaka Utara), menuturkan hingga saat ini belum ada Memorandum of Understanding (MoU) antara panitia expo dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kab. Kolaka Utara.

“Kalau dikatakan expo UMKM berarti tujuannya memajukan produk UMKM, namun saya lihat konsepnya sudah berbeda”, kata Haeryl kepada langitsultra.com, Rabu (20/12/2023).

Untuk diketahui sejumlah pelaku usaha telah dipatok penggunaan lapak dengan biaya yang bervariasi. Hingga berita ini diturunkan, panitia Expo UMKM belum memberikan keterangan resmi terkait dugaan pungli tersebut.

Hingga berita ini diterbitkan, Jurnalis langitsultra.com masih berusaha mencari informasi kontak panitia pelaksana.

Tim Liputan : Haswin Kaso
Editor : Ewa

Pos terkait