Gelar Apel Kesiapan Pemilu, Ruksamin Minta Stakeholder Jaga Netralitas

LANGITSULTRA.COM | KONUT – Pemerintah Kabupaten Konawe Utara (Konut) menggelar apel kesiapan penyelenggaraan pemilu tahun 2024 di pelataran kantor bupati setempat, Senin (20/3/2023).

Apel gabungan tersebut diikuti para penyelenggara pemilu dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan dipimpin bupati, H Ruksamin.

Selain dari unsur penyelenggara, apel kesiapan pemilu juga diikuti Anggota DPRD, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Bawaslu, Partai Politik dan tokoh-tokoh masyarakat Konut.

Bacaan Lainnya

Apel gabungan kesiapan pemilu 2024 itu sebagai bentuk dukungan dalam menyukseskan pesta demokrasi yang bakal digelar serentak tahun 2024 mendatang. Dalam kesempatan itu Ruksamin mengungkap pihaknya telah memberikan dukungan penuh terhadap kelancaran tahapan pemilu.

Ruksamin menyebut bentuk dukungan pemerintah daerah yakni penyediaan sarana dan prasarana sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). Penugasan personil pemerintah Kabupaten sebagai sekretariat PPK dan PPS serta memberikan izin kepada ASN untuk mendaftar menjadi PPK dan PPS.

“Kami juga dukung dalam hal penugasan personil Satlinmas, fasilitasi pemeriksaan kesehatan dan penerbitan surat keterangan berbadan sehat, serta dukungan sosialisasi kepada masyarakat dalam pembentukan badan ad hok”, ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Ruksamin berpesan agar seluruh peserta apel khususnya penyelenggara menyiapkan kesehatan fisik dan mental. Pasalnya tahapan penyelenggaraan pemilu dinilai sangat menguras tenaga baik fisik maupun mental.

Hal itu, kata dia, sangat beralasan mengingat cukup banyaknya kasus penyelenggara pemilu yang meninggal dunia akibat kelelahan.

Pria yang sudah menyatakan diri siap tarung dalam pemilihan gubernur (Pilgub) itu juga menghimbau seluruh lapisan masyarakat untuk berkontribusi dalam menjaga kondusifitas daerah, serta bersama-sama mengawal suksesnya proses demokrasi.

“Berikan edukasi dan motivasi kepada masyarakat, terus sosialisasikan tahapan pemilu dan ajak warga ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya”, imbaunya.

Dirinya berharap apel kesiapan dapat menjadi ruang koordinasi untuk menjalin harmonisasi antar seluruh elemen terkait. Agar potensi permasalahan-permasalahan dapat diminimalisir.

Ketua DPW Partai Bulan Bintang (PBB) Sulawesi Tenggara (Sultra) ini menegaskan agar Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup pemerintah kabupaten Konut menjaga netralitas dengan tidak terlibat dalam politik praktis.

Editor : Faizal Tanjung

Pos terkait