Perpustakaan Daerah dan Tantangan Digitalisasi, Upaya Memenuhi Kebutuhan Masyarakat

LANGITSULTRA.COM | KENDARI – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) terus mendukung meningkatkan semangat generasi muda untuk terus belajar melalui Perpustakaan Daerah yang dibangun Gubernur Sultra.

Kadis Perpustakaan Daerah Sulawesi Tenggara, Nur Saleh mengatakan bahwa pihaknya menghadirkan berbagai kegiatan sebagai bagian dari mendukung gerakan literasi di Sultra.

Dirinya menambahkan bahwa pembangunan gedung perpustakaan ini memang peruntukannya untuk digunakan masyarakat sebagai sarana untuk menambah pengetahuan.

Bacaan Lainnya

“Dengan harapan, ketika masyarakat datang berkunjung disini, banyak referensi yang dibaca, direduplikasi kedalam kehidupan mereka sehingga perpustakaan daerah dapat berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat”, ungkapnya.

Olehnya itu, dirinya berharap perpustakaan daerah dapat dijadikan sebagai pusat kegiatan masyarakat untuk memenuhi keinginan mereka dengan referensi yang telah disediakan di perpustakaan daerah.

Untuk buku yang dihadirkan, lanjut Nur, saat ini pihaknya masih terus berkoordinasi dengan seluruh elemen untuk menghadirkan produk terbaru.

Kepala Dinas Perpustakaan Daerah Sultra

“Jadi, buku yang kami hadirkan itu bukan keinginan pihak perpustakaan tetapi keinginan masyarakat yang lebih dulu kami lakukan lewat menyebarkan kuesioner untuk mengetahui buku yang dibutuhkan masyarakat”, jelasnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Wilayah Forum TBM Sultra mengajak seluruh masyarakat yang gemar membaca untuk memanfaatkan perpustakaan sebagai tempat untuk belajar banyak hal.

“Mari ke perpustakaan daerah, gunakan fasilitas yang disiapkan daerah ini untuk belajar, barangkali setelah membaca, kita bisa menemukan ide untuk menulis atau menemukan orang orang kreatif yang bisa diajak untuk berdiskusi tentang berbagai hal yang positif”, ucapnya.

Tim Liputan : Faizal Tanjung
Editor : Ewa

Pos terkait