Daerah

Ratusan Buruh Pelabuhan Kendari Unjuk Rasa di Kantor DPRD Sultra

LANGITSULTRA.COM | KENDARI – Ratusan Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) yang tergabung dalam Koperasi Karya Bahari Pelabuhan Kendari mendatangi kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Kamis (30/12/2021).

Kedatangan massa TKBM Koperasi Karyawan Karya Bahari tersebut meminta Ketua DPRD Sultra untuk segera memanggil pihak-pihak yang telah melakukan verifikasi data antara TKBM Koperasi Karyawan Karya Bahari Pelabuhan Kendari dan TKBM Tunas Bangsa Mandiri.

Lino selaku Koordinator Aksi mengatakan bahwa dalam verifikasi tentang kelayakan data dua koperasi itu, TKBM Koperasi Tunas Bangsa Mandiri mendapat nilai 150 sedangkan TKBM Koperasi Karyawan Karya Bahari hanya mengantongi 80 point saja.

Menurutnya, TKBM Koperasi Tunas Bangsa Mandiri dinilai sah sebagai suatu koperasi karena menjalankan tugas dengan baik yakni membagikan sisa hasil usaha (SHU) dan membagikan dana sosial secara teratur kepada seluruh karyawan. Sedangkan, TKBM Koperasi Karyawan Karya Bahari tidak melakukan itu.

“Namun faktanya, pimpinan TKBM Koperasi Tunas Bangsa Mandiri inisial IR telah diamankan di Polda Sultra terkait kasus penggelapan dalam jabatan”, ungkapnya.

Dirinya menambahkan berarti dalam hal ini ada permainan antara pihak TKBM Koperasi Tunas Bangsa dan Dinas Koperasi Provinsi, termasuk instansi lainnya yang dinilai terlibat dalam hasil verifikasi itu.

Ia juga menyayangkan dengan adanya hasil verifikasi yang dilakukan oleh Dinas terkait akan berdampak tidak dipekerjakannya buruh di TKBM Koperasi Karya Bahari di Pelabuhan Kendari nantinya.

“Tentu akan merugikan mata pencaharian buruh di koperasi kami”, jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga meminta kepolisian segera menangkap pelaku-pelaku lainnya yang terlibat dalam dugaan pemalsuan data hasil verifikasi dua koperasi tersebut.

Unjuk rasa tersebut sempat diwarnai ketegangan namun aparat kepolisian yang berjaga berhasil meredam massa aksi.

Tim Liputan : Ewa
Editor : Fatan

Ratusan Buruh Pelabuhan Kendari Unjuk Rasa di Kantor DPRD Sultra
To Top