Daerah

Bersama Balitjestro, BPTP Sultra Gelar Bimtek Bagi Petani Jeruk

LANGITSULTRA.COM | KENDARI – Tim Balitjestro melakukan Bimbingan teknis teknologi budidaya tanaman jeruk yang bertempat di Kantor BPTP Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kegiatan tersebut mengusung tema Jerukku Untukmu, dengan melibatkan petani jeruk dari Kabupaten Konawe yang berjumlah 75 orang.

Materi yang diberikan pada bimtek kali ini meliputi sistem pembenihan jeruk bermutu mendukung kawasan/kampung jeruk, Budidaya tanaman jeruk sehat, dan pengendailan organisme pengganggu tanaman pada tanaman jeruk.

Dalam sambutannya KTU BPTP Sultra Miftah Hidayat menyampaikan bahwa potensi pengembangan jeruk di Kabupaten Konsel cukup luas sehingga perlu dukungan dari Balitjestro.

“Masalah utama yang dihadapi saat ini adalah meningkatnya serangan OPT, dan kami sangat berterima kasih atas kehadiran Kepala Balitjestro beserta Tim dalam acara Bimtek ini”, Ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Balitjestro Dr. Harwanto mengungkapkan fakta bahwa buah jeruk Indonesia tidak tersedia setiap saat sehingga diharapkan jika masalah ini dapat teratasi, maka jeruk dapat tersedia sepanjang waktu bahkan produk turunan jeruk dapat kita buat.

“Dukungan Bimbingan Teknis ini merupakan upaya untuk melakukan kolaborasi Balitbangtan dan pihak terkait serta petani dalam mengakselerasi budidaya jeruk secara baik dan benar”, terangnya.

“Bimtek ini diharapkan dapat menyampaikan teknologi inovasi secara runtut dan lengkap”, jelasnya.

Sementara itu, Didik Raharjo selaku Ketua Panita dari BPTP Sultra mengatakan Bimtek ini sangat penting bagi petani untuk mengembangkan jeruknya.

“Kedepan, kegiatan ini bisa rutin dilakukan agar petani dapat menyerap teknologi untuk perbaikan mutu dan kualitas jeruk di lahannya”, harapnya.

Sobirin salah satu petani jeruk dari Ds Wolasi Kec Wolasi Kab Konsel yang mengikuti kegiatan tersebut mengatakan sangat antusias dengan adannya Bimbingan Teknis yang diberikan oleh BPTP Sultra dan Balitjestro ini.

“Kami sangat antusias dan mencoba memahami dengan baik”, ucapnya.

Dalam pelatihan tersebut dihadirkan pemateri yang berkompeten diantaranya Bapak Sukadi, SP tentang Budidaya Jeruk Sehat, kemudian Bapak Rudi Cahyo Wicaksono, SP tentang Pengelolaan Hama Penyakit Tanaman Jeruk, Penyampaian Informasi Jeruk di Kab Konawe Selatan oleh Asmiyanto (Kabid Hortikultura Dinas Pertanian, Peternakan dan Hortikultura Kab Konsel).

Selain itu, juga dilakukan diskusi dengan narasumber berkaitan dengan cara implementasi pestisida pada tanaman jeruk yang baik dan benar agar optimal dalam pengendalian hama dan penyakit.

Tim Liputan : Faizal Tanjung
Editor : Ewa

Bersama Balitjestro, BPTP Sultra Gelar Bimtek Bagi Petani Jeruk
Langit Sultra mengusung slogan Melihat Lebih Luas Dan Bijak merupakan media terpercaya, menyajikan informasi yang lebih jelas dan berimbang dalam memberitakan, serta menjadikan masyarakat lebih bijak menanggapi sebuah informasi, kami berkomitmen untuk memberikan dukungan bacaan yang baik dan bermutu demi terwujudnya media sebagai kontrol masyarakat yang positif dan mengedepankan persatuan demi terwujudnya indonesia yang lebih baik.

Copyright © 2018 Langitsultra[dot]com.

To Top