Pemda Koltim Fokus Maksimalkan Pemberdayaan Perempuan

LANGITSULTRA.COM | KOLTIM – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) menggelar Sosialisasi Kebijakan Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG), termasuk Perencanaan Penganggran Responsif Gender (PPRG) di Aula Kantor Bupati, Kamis (7/10/2021).

Asisten I Setda Koltim Arisman SP mewakili Bupati Koltim, ketika membuka sosialisasi mengatakan bahwa program pembangunan terhadap perempuan masih belum maksimal.

“Kita menyadari bahwa, permasalahan yang terkait erat dengan program pembangunan perempuan selama ini adalah disebabkan belum adanya pendekatan pembangunan yang secara khusus mempertimbangkan manfaatnya secara adil terhadap perempuan dan laki-laki”, ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, kesetaraan gender dalam pembangunan sangat penting, maka dituntut kepedulian konkrit lebih besar dengan menempatkannya sebagai salah satu bidang program, dengan tujuan kian mempercepat terciptanya kesetaraan gender, dalam seluruh sendi kehidupan masyarakat Koltim, tidak terbatas dalam proses perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi kebijakan, program dan proyek pembangunan.

Lebih lanjut, hal tersebut didasari fakta masih rendahnya partisipasi perempuan dalam pembangunan. Disamping masih adanya berbagai bentuk praktik diskriminasi terhadap perempuan, juga masih terdapatnya kesenjangan partisipasi politik kaum perempuan yang bersumber dari ketimpangan struktur sosio-kultural masyarakat.

“Fakta lain juga menunjukkan masih terbatasnya akses sebagian besar perempuan terhadap layanan kesehatan yang bermutu dan memadai, pendidikan yang murah dan berkualitas, serta keterlibatan dalam kegiatan publik yang lebih luas”, terangnya.

“Masih ditemukan rendahnya kualitas hidup dan peran perempuan serta tingginya tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak”, jelasnya.

Dirinya menambahkan bahwa apa yang kita lakukan hari ini, dapat memberikan sumbangan pemikiran serta manfaat bagi kita semua khususnya di dalam meningkatkan peran serta kesetaraan gender dalam pembangunan di Kabupaten Kolaka Timur.

“Dengan adanya sosialisasi ini, saya harapkan kedepan pemberdayaan perempuan lebih terfokus lagi, dan tetap mengacu pada kebutuhan praktis dan strategis kaum perempuan”, tutupnya.

Tim Liputan : Fatan
Editor : Ewa

Pos terkait