Puluhan Peserta Mengikuti UNAR ORARI Di Kolaka Utara

LANGITSULTRA.COM | KOLUT – Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia (ORARI) menggelar Ujian Negara Amatir Radio (UNAR – Tingkat Siaga dan Tingkat Penggalang) Non Reguler tahun 2021 di Laboratorium Komputer SMK Negeri 1 Lasusua yang dilaksanakan oleh ORLOK Kolut bekerja sama dengan ORDA Sultra, Minggu (6/6/2021).

Ujian tersebut dilaksanakan dengan sistem berbasis Computer Assisted Test (CAT) dengan jumlah peserta 54, sebanyak 31 orang dari Kolaka Utara dan sisanya dari Kendari dan Luwu Timur.

Drs. Ashar, MM. dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan tersebut dimana UNAR yang merupakan program KEMKOMINFO-RI melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya, Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen. SDPPI) merupakan kali pertama dilakukan di Kolaka Utara dengan sistem CAT-Online. Pentingnya ORARI di era pembangunan saat ini, sebagai cadangan Nasional di bidang komunikasi radio serta sarana dukungan komunikasi radio, dalam bentuk kegiatan kemanusiaan atau bencana alam.

Bacaan Lainnya

“Sebagai mitra pemerintah dalam kegiatan pengawasan penggunaan gelombang radio bisa memberikan informasi dalam kegiatan sosial dan semoga kedepan khusus ORARI Kolut bisa menumbuh kembangkan jiwa gotong royong yang dapat membawa manfaat bagi masyarakat”, ungkapnya.

Sementara itu, Hari Mursanto selaku Ketua Panitia Kegiatan menjelaskan kegiatan UNAR tersebut sesuai amanah Undang-Undang nomor 36 tahun 1999 tentang Telekomunikasi serta Peraturan Menteri Kominfo no 17 tahun 2018 tentang Organisasi Amatir Radio.

Menurutnya, melalui ujian tersebut peserta dapat mengetahui tata cara dan prosedur dalam penggunaan radio, dalam berkomunikasi dan dapat memahami hak, kewajiban, dan konsekuensi baik secara pribadi maupun sebagai anggota ORARI ke depan.

“Dengan adanya kegiatan ini, anggota ORARI mampu untuk mengetahui hak dan kewajiban dalam penggunaan radio”, terangnya.

untuk diketahui, Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Asisten 1, yakni Drs. Ashar MM yang mewakili Bupati Kolaka Utara, turut hadir pula Kepala Lokal Monitor SFR Kendari, Ketua ORDA Kendari, Ketua ORLOK Luwu Timur, PJ. Ketua ORLOK Kolut Mawardi Hasan, ST, M.Si dan diikuti seluruh peserta Ujian.

Tim Liputan : Langit Sultra
Editor : Ewa

Pos terkait