Kemenag Kota Kendari Sebut Persiapan Ibadah Haji Capai 90 Persen

LANGITSULTRA.COM | KENDARI – Finalisasi persiapan pemberangkatan calon jamaah haji (CJH) tahun 2024 terus dilakukan Kantor Kementerian Agama Kota Kendari.

Kepala Seksi Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Kota Kendari, Sunardin menjelaskan bahwa persiapan penyelenggaraan ibadah haji CJH Kota Kendari sudah mencapai 90 persen.

“Untuk persiapan ibadah haji khususnya di Kota Kendari, alhamdulillah sampai saat ini sudah sampai pada tahapan pembagian koper. Seluruh proses mulai dari penyiapan dokumen, visa, dan biaya sudah tuntas. Persiapan kita saat ini sudah berada di angka 90 persen, tinggal menunggu penyusunan manifes penerbangan”, ungkapnya pada Selasa (7/5/2024).

Bacaan Lainnya

Kemudian, sambung dia, manasik juga telah dilakukan, baik itu manasik mandiri ataupun manasik yang dibiayai oleh Kementerian Agama.

“Jadi ada dua kali manasik di Kemenag Kota Kendari dan delapan kali manasik di tingkat kecamatan”, terangnya.

Jumlah CJH Kota Kendari, lanjut dia, sampai hari ini terus bertambah. Hal ini karena adanya CJH yang mundur karena sakit.

“Jadi ada jamaah cadangan yang dipersiapkan ketika ada jamaah lain yang mengundurkan diri atau menunda keberangkatannya pada tahun depan”, jelasnya.

Dirinya menambahkan bahwa CJH Kota Kendari terbagi di empat kelompok terbang atau kloter. Pertama di Kloter 28 sebanyak 442 orang, Kloter 29 sebanyak 54 orang, Kloter 31 ada tiga orang dan Kloter 35 ada satu orang.

“Untuk Kota Kendari, terdapat seorang CJH yang mengundurkan diri dengan alasan kesehatan. Saat ini yang bersangkutan masih fokus pemulihan diri, meskipun dari hasil medical check up ia sebenarnya layak untuk berangkat”, tutupnya.

Tim Liputan : Fitria Azzahra
Editor : Ewa

Pos terkait