Rapat Koordinasi Timpora, Imigrasi Wakatobi Perkuat Pengawasan Orang Asing

LANGITSULTRA.COM | WAKATOBI – Dalam rangka pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Keimigrasian terkait pengawasan orang asing, Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Wakatobi melaksanakan Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Wakatobi bertempat di Patuno Resort, Kecamatan Wangi-Wangi (26/03/2024).

Sejumlah instansi yang tergabung dalam anggota Timpora yang hadir diantaranya Pemerintah Daerah Kabupaten Wakatobi, TNI, Kepolisian dan Kejaksaan Negeri Wakatobi, serta sejumlah OPD dan instansi vertikal yang berkaitan dengan fungsi pengawasan keimigrasian terkait aktivitas orang asing di wilayah Republik Indonesia khususnya di Kabupaten Wakatobi.

Kepala Kesbangpol Kabupaten Wakatobi, H. Adam Bahtiar yang membuka kegiatan mengungkapkan, sinergitas dan kolaborasi harus selalu dijaga untuk kedaulatan negara melalui wadah Tim Pengawasan Orang Asing.

Bacaan Lainnya

“Disini hadir sejumlah instansi dimana saling terkait atau beririsan satu sama lain, kita perlu bersama membangun sinergitas dan kolaborasi untuk menjaga wilayah kita kabupaten wakatobi”, ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Subseksi TI, Intelijen, dan Penindakan Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Wakatobi, Andika Triyuana, dalam sambutannya mempertegas peran tim pengawasan orang asing dalam Permenkumham Nomor 50 Tahun 2016 tentang Timpora.

Andika Triyuna menjelaskan, salah satu tugas anggota Timpora ialah untuk memberikan saran dan pertimbangan kepada Pemerintah untuk saling bertukar informasi terkait pengawasan keimigrasian.

“Kita ingat kembali menurut Permenkumham Nomor 50 Tahun 2016, tugas anggota Timpora adalah memberikan saran dan pertimbangan kepada instansi dan atau lembaga pemerintah terkait mengenai hal yang berkaitan dengan Pengawasan Orang Asing, juga untuk saling bertukar informasi dalam rangka pengawasan keimigrasian”, ucap Andika.

Kegiatan juga diisi pemaparan materi oleh Analis Keimigrasian, Muhammad Faikhar Baihaqi. Penyampaian Paparan berisi mengenai tugas pokok dan fungsi dari Tim Pengawasan Orang Asing.

Muhamad Faikhar Baihaqi mengungkapkan, tren terkini kunjungan warga negara asing di Wakatobi, juga terkait rencana program pembentukan desa binaan dalam rangka pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang di Kabupaten Wakatobi.

Kegiatan itu dilanjutkan dengan sesi diskusi bersama oleh para anggota Timpora.

Tim Liputan : Mohamad Lukman Saputra
Editor : Ewa

Pos terkait