Sukseskan Tahun Toleransi, Kemenag Sultra Perkuat Landasan Moderasi Beragama bagi Ormas Katolik

LAMGITSULTRA.COM | KENDARI – Kakanwil Kementerian Agama Prov. Sultra H. Muhamad Saleh didampingi Pembimas Katolik Casimirus Sado, membuka kegiatan Pembinaan Moderasi Beragama Bagi Ormas Katolik se-Prov. Sulawesi Tenggara Tahun 2023 Senin (26/6/2023) lalu.

Kegiatan tersebut mengusung tema “Melalui Iman Katolik, Kita Perkuat Landasan Moderasi Beragama dalam Kebhinekaan” ini, turut dihadiri Kabid Penais dan Pemberdayaan Zakat Wakaf H. Jumaing serta para pengurus ormas Katolik se Sultra.

Kakanwil dalam sambutannya memaparkan, pembinaan moderasi beragama bagi ormas Katolik sejalan dengan program prioritas Kementerian Agama yang salah satunya menyangkut penguatan moderasi beragama dalam menyukseskan tahun toleransi yang digagas Menag, Gus Yaqut. 

Bacaan Lainnya

Dia menambahkan bahwa moderasi beragama adalah sikap meyakini kebenaran agama sendiri secara utuh, dan menghargai serta menghormati penganut agama lain yang meyakini agama mereka tanpa harus membenarkannya. 

“Dengan penguatan moderasi beragama diharapkan agar umat beragama dapat memposisikan diri secara tepat dalam masyarakat multi religius, sehingga terjadi harmonisasi sosial dan keseimbangan kehidupan sosial,” ungkapnya. 

Menurutnya, Ormas Katolik adalah bagian dari mitra kerja Kanwil Kemenag Sultra dalam menciptakan kedamaian dan keharmonisan.

Maka, lanjut dia, perlu adanya penguatan Moderasi Beragama untuk menjadi pelopor pada jajarannya dalam penguatan Moderasi Beragama di Sultra.

“Kuncinya adalah bagaimana tokoh agama Katolik menjadi pelopor moderasi beragama dengan menjunjung tinggi komitmen kebangsaan,  anti kekerasan dan toleransi serta mampu menerima kearifan budaya lokal yang menopang budaya nasional kita”, terangnya.

“Selamat mengikuti kegiatan ini, semoga segala manfaat dapat diterima dan tentunya dapat memberikan kontribusi bagi bangsa negara dalam mewujudkan masyarakat yang damai dan sejahtera”, tutupnya.

Tim Liputan : M. Almalik Alem
Editor : Fitho

Pos terkait