Cuaca Ekstrem Diprediksi Masih Bakal Terjadi Seminggu Kedepan di Sulawesi Tenggara

LANGITSULTRA.COM | KENDARI – Adanya potensi peningkatan curah hujan dalam periode sepekan kedepan di sebagian wilayah kota maupun kabupaten di Sulawesi Tenggara terus diidentifikasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)

Hal tersebut dipicu oleh peningkatan aktivitas index labilitas sedang sampai kuat dan pola konvektif skala lokal di wilayah Sulawesi Tenggara.

Kepala BMKG Sultra Sugeng Widarko menjelaskan bahwa hal ini dipicu oleh massa udara basah lapisan rendah terkonsentrasi di wilayah Sulawesi Tenggara sampai lapisan 700 mb mencapai 70 – 90%.

Bacaan Lainnya

Selain itu, kata dia, hangatnya Suhu Muka Laut di wilayah sekitar Sulawesi Tenggara terutama bagian Teluk Bone, Perairan Manui Kendari dan Laut Banda menambah pasokan uap air cukup tinggi untuk mendukung pembentukan awan hujan cukup tinggi di wilayah Sulawesi Tenggara.

“Berdasarkan pantauan pergerakan angin atau streamlinenya terpantau pergerakan angin dari Barat Daya hingga Barat Laut memasuki Laut Banda Timur Sulawesi, Perairan Wakatobi, dan Perairan Bau bau dengan kecepatan angin lebih dari 15 Knots”, tulis Sugeng dalam keterangan tertulisnya, Senin (6/3/2023).

Berdasarkan kondisi tersebut, pihak BMKG Provinsi Sulawesi Tenggara memprakirakan dalam enam hari ke depan potensi cuaca ekstrem, curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah.

Tanggal 6 Maret 2023 di wilayah Konawe Utara, Kendari, Konawe, Kolaka Utara, Konawe Selatan, Buton Selatan, Kolaka Selatan, dan Buton.
Tanggal 7 Maret 2023 di wilayah Konawe Utara, Konawe Selatan, Kendari, Konawe, Konawe Kepulauan, Kolaka, Muna, Muna Barat, Buton Utara, Kolaka Utara, Bombana, Wakatobi, dan Kolaka Timur.

Tanggal 8 Maret 2023 di wilayah Konawe Utara, Konawe, Kolaka Timur, Konawe Selatan, Kendari, Konawe Kepulauan, Kolaka, Kolaka Utara, Buton Selatan, Bombana, Muna, dan Muna Barat.
Tanggal 9 Maret 2023 di wilayah, Konawe Utara, Konawe, Kendari, Konawe Selatan, Muna Barat, Muna, Kolaka Utara, Buton Utara, Konawe Kepulauan, dan Kolaka.

Tanggal 10 Maret 2023 di wilayah Kolaka, Kolaka Utara, Konawe, Konawe Selatan, Kendari, Muna, Muna Barat, Buton Utara, Buton, Konawe Kepulauan, Kolaka Timur, dan Bombana.

Tanggal 11 Maret 2023 di wilayah Konawe Utara, Kolaka Utara, Kolaka Timur, Konawe, Bombana, Kolaka, Konawe Selatan, Baubau, Muna Barat, Buton, Buton Tengah, Kendari, Buton Selatan, dan Bombana.

“BMKG Provinsi Sulawesi Tenggara menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada, khususnya akan dampak dari curah hujan tinggi yang dapat memicu bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, guntur, pohon tumbang dan jalan licin”, tutupnya.

Editor : Fitho

Pos terkait