Rakerda FKUB Prov. Sultra Tahun 2022 Fokus Pada Moderasi dan Toleransi Antar Umat Beragama

FKUB Prov. Sultra
Foto Bersama Pengurus FKUB Prov. Sultra dan Wakil Gubernur Prov. Sultra

LANGITSULTRA.COM | KENDARI – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali menggelar kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) tahun 2022 di Hotel Azizah Syariah, Sabtu (18/6/2022) siang. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Prov. Sultra Dr. H. Lukman Abunawas, SH., MH., M.Si.

Rakerda yang merupakan kegiatan tahunan dari FKUB ini turut dihadiri oleh pengurus FKUB Kabupaten/Kota se- Prov. Sultra dengan tema “Memasyarakatkan Moderasi Beragama dan Toleransi di Sulawesi Tenggara”.

Ketua FKUB Sultra Drs. H. A. Rustam Tamburaka, M.Si dalam sambutannya mengatakan, tujuan dari Rakerda FKUB Sultra adalah untuk mengevaluasi keberhasilan dan kegagalan program-program kerja sebelumnya yang telah dilaksanakan, sekaligus menyusun program kerja organisasi untuk satu tahun kedepan.

“Program kerja yang akan dibuat harus berorientasi kepada kemaslahatan umat beragama di seluruh penjuru Prov. Sulawesi Tenggara. Jangan sampai program kerja yang akan direncanakan kurang memberi manfaat akan terpeliharanya keutuhan kerukunan beragama dan harmonisasi sosial”, Ucapnya.

Ketua FKUB Prov. Sultra Drs. H. A. Rustam Tamburaka, M.Si

“Harapannya, dengan Rakerda ini, dapat memformulasikan suatu kegiatan yang sesuasi dengan karakteristik masing-masing daerah berdasarkan potensi yang ada. Selain itu, kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan harmonisasi dan keutuhan umat beragama di Prov. Sultra pada khususnya dan di Indonesia pada umumnya”, tutupnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sultra Dr. H. Lukman Abunawas, SH., MH., M.Si dalam sambutannya mengatakan, dengan adanya pembinaan di masing-masing internal umat beragama, diharapkan akan mengacu pada pemeliharaan pembinaan toleransi antar umat beragama dan juga pembinaan toleransi umat beragama dengan pemerintah.

“Para perwakilan tokoh agama yang hadir disini, baik Islam, Katolik, Protestan, Hindu, Budha maupun Konghucu yang memiliki organisasi secara internal, harus betul-betul tetap mengacu pada ideologi Pancasila yang harus dipedomi, karena semua umat beragama pasti yakin dan percaya terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang terkandung dalam sila ke-1 Pancasila”.

Wakil Gubernur Sultra Dr. H. Lukman Abunawas, SH., MH., M.Si

“Dalam Pancasila, agama kita memberikan jaminan akan rasa kedamaian dan ketentraman, jadi kalau kita sebagai hamba Tuhan, harus menaati dan menjalankan segala perintah agama sebab hal itu akan membawa kedamaian di hati” Kata mantan Sekda Prov. Sultra.

“Saya berharap, Rakerda FKUB dapat menghasilkan program kerja yang dapat menyatukan seluruh umat beragama yang ada di Prov. Sultra berdasarkan Pancasila sehingga selalu terciptanya harmonisasi, toleransi dan kerukunan antar umat beragama yang lebih baik”. Tutupnya, sekaligus membuka Rakerda FKUB Prov. Sultra tahun 2022.

Sebelum melaksanakan Rakerda, pengurus FKUB Prov. Sultra mengadakan diskusi tentang harmonisasi dan moderasi umat beragama dengan menghadirkan empat narasumber dari instansi dan lembaga pemerintah diantaranya Brigjen TNI Raden Toto Oktaviana (Kabinda Sultra), Kombes Pol Nanang Rudi Supriatna, S.I.K (Dir Intel Polda Sultra), Dr. Hj. Andi Intang Dulung, M.H.I (Penyuluh Agama Ahli Madya Kanwil Kemenag Sultra) dan Kesbangpol Prov. Sultra. (/mhq)

Editor : Fitho

Pos terkait