Usulkan Pembentukan Polres Buton Tengah, Kapolres Baubau Temui Kemenpan-RB dan Tim Srena Mabes Polri

LANGITSULTRA.COM | BAUBAU – Kapolres Baubau, AKBP Erwin Pratomo menunjukkan keseriusannya dalam pengusulan pembentukan Polres Buton Tengah (Buteng) perlahan mulai menunjukkan hasil.

Bersama sejumlah jajarannya, AKBP Erwin Pratomo menghadiri undangan Srena Mabes Polri dalam rangka Evaluasi dan Validasi Usulan Pembentukan Polres Buton Tengah oleh Kemenpan-RB dan Srena Polri di Jakarta, Kamis (16/6/2022).

Orang nomor satu di polres Baubau tersebut mempresentasikan kesiapan pembentukan Polres Buton Tengah kepada tim Kemenpan-RB dan Srena Polri.

Bacaan Lainnya

Dalam rilis yang diterima jurnalis langitsultra.com, Kasi Humas Polres Baubau, Iptu Rahmad mengatakan bahwa proses tersebut ditindaklanjuti dengan pengecekan dokumen pendukung usulan pembentukan Polres Buteng, seperti sertifikat tanah serta kesiapan pemerintah Kabupaten Buteng dalam persiapan pembentukan kantor Polres Buteng.

“Hari ini Kapolres Baubau akan memaparkan kesiapan pembentukan Polres Buton Tengah”, ungkapnya.

Dirinya menambahkan bahwa di wilayah Polda Sulawesi Tenggara (Sultra), selain usulan Polres Buteng, juga ada usulan dari Polres Kolaka Timur.

Sampai saat ini, kata dia, kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Kolaka itu masih dibawah wilayah hukum Polres Kolaka.

Sebelumnya, pada September 2021, Tim Studi Kelayakan Mabes Polri yang di pimpin Brigjen Pol Budi Yuwono menyambangi Kabupaten Buteng, dengan agenda meninjau lokasi pembangunan Polres Buteng.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya berkomitmen akan memprioritaskan pembentukan Polres dambaan warga di wilayah seribu goa itu, karena sudah tidak memiliki masalah terkait dengan lahan.

Proses pembentukan Polres Buteng juga sudah ditindaklanjuti oleh Penjabat (PJ) Bupati Buteng, Muhammad Yusup, Tak lama setelah ia menjabat sebagai PJ, atau tepatnya pada (6/6/2022) lalu.

Pj Buteng bertemu dengan Kapolres Baubau dan membahas beberapa hal, diantaranya persiapan pembentukan Polres Buteng yang rencananya akan dibangun 2023 mendatang.

Untuk diketahui, Pemda Buteng dimasa kepemimpinan Samahuddin telah menghibahkan lahan seluas 10 hektar yang berlokasi di pusat perkantoran di Kelurahan Bombonawulu, Kecamatan Gu Kabupaten Buteng.

Sebagai informasi, Proses pengusulan pembentukan Polres Buteng tersebut, telah diusulkan sejak 8 tahun silam pasca mekar dari Kabupaten Buton. Hal itu mengingat mobilitas kepengurusan berbagai administrasi di Kepolisian harus menyeberang laut ke Kota Baubau.

“Semoga dengan terwujudnya Polres Buton Tengah ini, nanti dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang ada di Kabupaten Buton Tengah, khususnya dari sisi pelayanan, keamanan dan ketertiban masyarakat”, harapnya.

Tim Liputan : Faizal Tanjung
Editor : Ewa

Pos terkait