Pemkot Baubau Terapkan Sistim Digital dalam Pembayaran Pajak dan Retribusi, Guna Hindari Kebocoran PAD

LANGITSULTRA.COM | BAUBAU – Dalam rangka menghindari terjadinya kebocoran terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau bakal segera menggunakan sistim Digital dalam pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Pajak Usaha, serta Retribusi lainnya.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse melalui sambutannya, saat menghadiri acara Seremonial Implementasi Elektronifikasi Pemda (ETP) Kota Baubau untuk Pajak, Retribusi, dan PBB melalui QRIS, yang dilaksanakan di Pelataran Kotamara, Jumat malam (27/5/2022).

“Dengan adanya transaksi Digital ini, maka PAD Kota Baubau akan lebih terjaga, bahkan satu Rupiah pun tidak akan bocor. Dan dengan melakukan pembayaran melalui transaksi Digital, maka kita tidak perlu lagi uang kembalian, karena pasti kita akan membayar dengan uang pas”, ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, dirinya menambahkan bahwa dengan adanya transaksi digital melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) tersebut, maka akan sangat berpengaruh luas terhadap pergerakan perekonomian di Kota Baubau, serta mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi.

“Jadi dari sisi pendapatan ini akan mengurangi kebocoran PAD kita, dan juga akan mempermudah dari aspek pelayanan. Karena kita bisa melakukan pembayan PBB, Pajak usaha dan retribusi lainnya melalui Hand Phone, dan Insya Allah ke depan kita bisa melakukan pembayaran apa saja melalui Hand Phone kita”, terangnya.

Ketgam : Wali Kota Bau-Bau

Meski demikian, kata dia, pihaknya menyadari apa yang diupayakan tersebut masih merupakan langkah kecil, yang belum bisa menjangkau semua aspek.

Untuk itu, pihaknya berharap, agar langkah kecil tersebut akan disertai dengan langkah-langkah besar dalam melakukan perubahan yang mendasar di Kota Baubau.

Menurutnya, dengan diterapkannya transaksi Digital tersebut, maka akan menjadi langkah awal bagi Kota Baubau untuk mengukuhkan dirinya sebagai Smart City. Untuk itu, pihaknya sangat memberikan apresiasi kepada Bank Indonesia bersama Bank Negara Indonesia (BNI), yang telah mendorong terlaksananya transaksi Digital di Kota Baubau.

“Atas nama Pemerintah Kota Baubau, saya menyampaikan apresiasi dan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada Bank Indonesia bersama Bank Negara Indonesia, yang telah memprakarsai dan terus mendorong dalam perluasan dan percepatan terlaksananya transaksi Digital di Kota Baubau ini”, jelasnya. (R)

Tim Liputan : Langit Sultra
Editor : Fitho

Pos terkait