Bulan Imunisasi Anak Nasional, Sultra Optimis Bisa Capai Target

LANGITSULTRA.COM | KENDARI – Pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tingkat Sultra dan Kota Kendari di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 6 Kendari resmi dilaksanakan pada Rabu (18/5/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) yang di wakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Sultra membuka acara tersebut.

Harmin Ramba selaku Staf Ahli Gubernur mengatakan bahwa salah satu dukungan Pemprov Sultra dalam mensukseskan program BIAN ditingkat kabupaten/kota, adalah bagaimana pihaknya mensuport kabupaten/kota tersebut agar proses imunisasi nasional itu dapat berjalan lebih cepat dan tepat waktu.

Bacaan Lainnya

“Baik dari segi kebijakan anggaran maupun segi kebijakan regulasinya itu sendiri, termasuk hari ini”, ungkapnya.

Lebih lanjut, pihaknya juga sangat optimis program imunisasi tersebut dapat tercapai, yang terukur dengan adanya Covid-19.

“Kalau imunisasi kami sangat optimis dan target akan tercapai sesuai yang di harapkan”, terangnya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat, orang tua untuk menggiring dan membawa anaknya untuk segera di imunisasi sebab hal tersebut merupakan suatu program yang memang harus dilakukan oleh rakyat Indonesia.

“Karena ini sangat menentukan generasi muda kita hari ini”, jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Sultra, Putu Agustin Kusumawati mengatakan bahwa jumlah sasaran untuk imunisasi campak rubela sebanyak 663.958 anak, kemudian sasaran kejar IPV 147.045 anak, kejar OPV 68.751anak, dan kejar DPT-HB-HIB sebanyak 43.475 anak se-Sultra.

Untuk mencapai sasaran tersebut, kata dia, pihaknya telah berkoordinasi dan melakukan instruksi kepada seluruh Dinas Kesehatan kabupaten/kota untuk kesiapan vaksin dan kesiapan dari tenaga vaksinasi, agar tetap berkolaborasi dengan kegiatan yang lainnya.

“Termasuk dengan vaksin Covid-19 karena kita juga mempunyai target, dan semua stakeholder sektor yang ada di lintas kabupaten/kota untuk mendukung kegiatan BIAN ini kita siapkan semua yang di butuhkan oleh kabupaten/kota tersebut”, ucapnya.

Di tempat yang sama, Kadis Dikmudora Kota Kendari, Makmur menyampaikan peserta didik yang akan mengikuti program BIAN untuk tingkat Kota Kendari sebanyak 34.823 anak dari 126 sekolah dasar (SD).

“Allhamdulilah cukup banyak sekali anak-anak yang hadir dan mereka diantar orang tuanya, di dampingi gurunya sehingga kita berharap target-targetnya dapat terpenuhi”, tutupnya.

Tim Liputan : Ewa
Editor : Fitho

Pos terkait