Gelar Trisuci Waisak, Umat Budha Vihara RatanaDipa Lakukan Pradhaksina

LANGITSULTRA.COM | KENDARI – Menyambut peringatan Hari Trisuci Waisak 2022, umat Buddha di Kota Kendari menggelar puja bakti dan melakukan meditasi di Vihara RatanaDipa pada Senin (16/5/2022) siang.

Binmas Umat Budha kanwil Kemenag Sultra Kino mengatakan bahwa perayaan waisak tahun ini pihaknya sangat bersyukur, pasalnya pelonggaran ibadah yang diberikan Pemerintah sudah sangat dirindukan oleh seluruh umat.

“Kami sudah bisa melaksanakan puja dengan tetap melakukan menerapkan pembatasan jumlah umat”, ungkapnya kepada tim langitsultra.com

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, pihaknya juga mengapresiasi pengurus vihara yang menyiapkan kebutuhan untuk pelaksanaan berbagai rangkaian peribadatan.

“Jadi selama sebulan ini, kita sudah laksanakan penghayatan dharma sebagai bagian dari prosesi Trisuci Waisak”, tambahnya.

Prosesi Puja Jepang Trisuci Waisak

Sementara itu, Janes selaku Pengurus Vihara mengatakan bahwa pelaksanaan ibadah merupakan bentuk perenungan tentang kehidupan manusia yang akan selalu mengalami perubahan.

Selain itu, ia juga menjelaskan tentang pradhaksina yang mengelilingi vihara atau altar sebanyak 3 kali .

“Kegiatan pradhaksina dilakukan sebagai ritual menjelang Trisuci Waisak dimana semua umat berputar ke arah kanan dengan makna sikap menghormati kepada siapa saja”, ucapnya.

“Puncak Trisuci Waisak di Vihara RatanaDipa yakni pada Pukul 12.13 Wita yang ditandai dengan perenungan semua umat”, jelasnya.

Tim Liputan : Fitho
Editor : Faizal Tanjung

Pos terkait