Pemudik Akui Tidak Ada Pemeriksaan Prokes, Kapolresta Kendari Tegur Pihak Pelabuhan

LANGITSULTRA.COM | KENDARI – Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Kendari mengunjungi Pelabuhan Nusantara jelang hari raya idulfitri pada Jumat (29/4/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Karo Ops Polda Sultra Kombes Pol Tumpal Damayanus turut serta melakukan peninjauan.

situasi ruang tunggu pelabuhan kendari

Selain itu, turut hadir Kabag Ops Polresta Kendari, Kompol Jupen Simanjuntak dan Kasat Lantas Polres AKP Rudika Harto Kanajiri serta Kapolsek KP, AKP Wifian serta sejumlah anggota polresta kendari.

Bacaan Lainnya

Saat mengunjungi pelabuhan, Kapolresta Kendari Kombes Pol Muhammad Eka Faturrahman mendapati pihak Pelabuhan tidak melakukan pengecekan protokol kesehatan untuk pemudik.

“Kami dari kepolisian mendapati jalur pintu masuk pemudik ke kapal yang begitu mudah tanpa ada pemeriksaan”, ungkapnya.

Lebih lanjut, dirinya menambahkan pihaknya akan melakukan evaluasi terkait arus mudik di pelabuhan agar bisa dilakukan satu arah.

“Kami akan melakukan pengawasan terhadap alur yang akan dilalui pemudik dan memastikan pemudik memenuhi syarat untuk berangkat”, terangnya.

“Kami juga menemukan aturan protokol kesehatan tidak dilakukan dengan baik seperti pengecekan pemudik yang sudah vaksin atau belum”, jelasnya.

Sementara itu, salah satu Pemudik yang bernama Fatin mengaku belum mendapatkan aturan syarat vaksin booster untuk perjalanan. ia mengaku bisa lolos meskipun baru melakukan vaksinasi dosis 2 tanpa perlu menunjukkan PCR atau Antigen.

“Saya belum booster, tapi lolos, karena tidak ada ji pemeriksaan”, ucapnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari, Nahwa Umar menegaskan tidak ada pengecualian terkait vaksinasi booster itu.

Menurutnya, bagi warga yang didapati tidak vaksin booster, sudah tentu tidak akan lolos perjalanan. Baik itu yang melakukan perjalan mudik jalur udara maupun laut.

“Tidak akan lolos kalau belum vaksin booster. Tentu bukan hanya waktu mudik lebaran saja, pokoknya dari sekarang sudah harus vaksin booster”, tegasnya.

Tim Liputan : Faizal Tanjung
Editor : Ewa

Pos terkait