130 Siswa Kurang Mampu Jenjang SMP Terima Bantuan Beasiswa dari Pemkot Kendari

LANGITSULTRA.COM | KENDARI – Ratusan siswa SMP di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) menerima bantuan pendidikan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari di Kantor Dinas Pendidikan, Pemuda Dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari pada Kamis (28/4/2022).

Wali Kota Kendari – H. Sulkarnain Kadir

Sebagai informasi, Pemkot Kendari telah memberikan beasiswa berprestasi pada 320 siswa SD se Kota Kendari, masing-masing siswa mendapatkan Rp1,5 juta dengan total anggaran Rp330 juta. Sementara SMP dianggarkan Rp234 juta untuk 130 siswa. Dengan demikian, total anggaran beasiswa Pemkot Kendari 2022 sebesar Rp264 juta.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan lanjutan dari rangkaian penyerahan beasiswa pada tingkat SD yang saat ini dilakukan pada tingkat SMP.

Bacaan Lainnya

Dirinya berharap, bantuan tersebut bisa meningkatkan kemampuan siswa sehingga bisa membanggakan orang tua dan daerah.

“Kepada orang tua kami harap bisa mendampingi anak-anak dengan tulus sehingga bisa menghadapi berbagai problem, karena usia SMP ini sangat penting”, ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Dikmudora Kendari, Makmur menjelaskan bahwa beasiswa tersebut diperuntukkan bagi siswa berprestasi yang tidak mampu berdasarkan usulan dari sekolah dan verivikasi berdasarkan syarat yang ditentukan sebelum ditetapkan sebagai penerima.

Lebih lanjut, dirinya menambahkan bahwa tiap siswa mendapatkan beasiswa dengan nominal Rp1,8 juta yang diterima satu kali dalam setahun dan diharapkan agar digunakan untuk pembiayaan sekolah.

Selain itu, kata dia, Persyaratan penerima salah satunya adalah memiliki kartu Program Keluarga Harapan (PKH).

“Tiap tahun kami berikan, Pemkot Kendari anggarkan melalui APBD Kendari”, terangnya.

Ia menyebutkan bahwa setiap sekolah bisa mengusulkan sebanyak mungkin calon penerima beasiswa, namun akan diverifikasi dan diseleksi sesuai kuota yang disediakan.

“Semakin banyak prestasinya di sekolah, maka semakin besar peluangnya untuk menerima beasiswa”, jelasnya.

Sebagai informasi, tahun 2023 mendatang, Pemerintah Kota Kendari melalui Dikmudora bakal mengajukan kembali program bantuan beasiswa ini dengan kuota yang lebih lagi.

Tim Liputan : Faizal Tanjung
Editor : Ewa

Pos terkait