Stok Vaksin Booster di Kendari Menipis Jelang Puncak Arus Mudik, Padahal Jadi Syarat Utama

LANGITSULTRA.COM | KENDARI – Menjelang puncak arus mudik lebaran idulfitri tahun 2022, kabar kurang mengenakan datang dari Dinas Kesehatan kota Kendari yang mulai kekurangan stok vaksin Dosis Ketiga atau Booster Covid-19.

Sebagaimana diketahui, pemerintah telah mengizinkan masyarakat untuk melaksanakan mudik lebaran dengan catatan memenuhi syarat yakni vaksin booster untuk melalui transportasi darat, udara maupun laut.

Kadis Kesehatan Kota Kendari

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, drg Rahminingrum menjelaskan berdasarkan data per 21 April 2022 pukul 23.00 Wita dari 21 fasilitas layanan kesehatan (fayankes) sisa stok vaksin yang ada tersisa 4.822.

Bacaan Lainnya

“Dari total tersebut, terbagi untuk 3 jenis vaksin yakni Sinovac, Pfizer dan Moderna. Sedangkan stok AstraZeneca sudah habis. Dirincikan, Sinovac sisa 1.580, Pfizer 1.122 dan Moderna sisa 2.120”, ungkapnya pada Jumat (22/4/2022).

Sekretaris Daerah Kota Kendari

Dirinya menuturkan untuk booster menggunakan vaksin AstraZeneca bagi dewasa, Pfizer remaja dan Sinovac untuk anak-anak.

“Untuk booster minim sekali bahkan hampir tidak ada. Jadi tidak cukup sampai lebaran, kecuali hari ini datang vaksin”, jelasnya.

Sementara itu, Sekda Kota Kendari, Nahwa Umar menegaskan bahwa masyarakat yang belum melakukan vaksin booster tidak diizinkan untuk mudik lebaran.

“Tidak bisa lolos kalau belum booster”, tegasnya.

Sebagai informasi, hal itu dikecualikan untuk mereka yang melengkapi persyaratan sebagaimana Addendum SE Satgas COVID-19 Nomor 16 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri dalam Masa Pandemi.

Tim Liputan : Fitho
Editor : Ewa

Pos terkait