Ketersediaan Ikan di Kota Kendari Cukup Hingga Lebaran, Kepala PPS Kendari : Stok Kita Melimpah

LANGITSULTRA.COM | KENDARI – Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kota Kendari menyebutkan ketersediaan ikan di kota Kendari hingga menjelang hari raya idulfitri masih terbilang cukup.

Menurutnya, saat ini dengan jumlah yang melimpah dianggap bisa memenuhi kebutuhan masyarakat kota kendari.

“Jadi, kita di sini cukup tersedia karena kemarin itu puncak puncaknya, kita sampai 90 ton per hari yang masuk”, ungkapnya saat ditemui di salah satu hotel.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, ia menuturkan bahwa saat ini PPS kendari bahkan memasok ikan ke daerah daerah lain seperti Sulawesi Selatan.

“Kita ini kan tempatnya ikan, di depan kita ini laut banda. Nelayan kita itu 8 jam keluar sudah dapat tempat penangkapan ikan, 4 hari di laut sudah pulang. Satu kapal rata-rata bisa bawa 4 -5 ton ikan, tapi memang musiman ya”, terangnya.

Dirinya menambahkan bahwa stok ikan utama di PPS Kendari ada empat jenis, diantaranya ikan cakalang, layang, tongkol dan tuna.

“Khususnya tuna itu, komoditi penting karena itu di ekspor. Jadi banyak perusahaan perusahaan disini tergantung dengan produksi tuna kita. Selain tuna kita ada juga gurita, dan rajungan yang bersumber dari beberapa wilayah di sekitaran kota kendari”, jelasnya.

Selain itu, kata dia, PPS Kendari juga memasilitasi perusahaan yang akan mengekspor ikan keluar negeri.

“Kita siapkan lahan, produknya kan ada di kita, Salah satu tugas kami, bagaimana caranya teman-teman perhubungan dan pelindo, supaya saat ada ekspor, langsung dari Kendari ke negara tujuan tanpa perlu ada singgah singgah di daerah lain”, tutupnya.

Tim Liputan : Faizal Tanjung
Editor : Ewa

Pos terkait