AJP Dukung Pemerintah Tindak Tegas Perusahaan Tambang Pengguna BBM Bersubsidi

LANGITSULTRA.COM | KENDARI – Wakil Ketua Komisi III DPRD Sultra, Aksan Jaya Putra mendukung pernyataan menteri ESDM, Arifin Tasrif terkait perusahaan tambang tidak boleh mengambil solar subsidi di SPBU.

Politisi Partai Golkar DPRD Sultra ini mengatakan bahwa perusahaan tambang yang menggunakan solar subsidi harus ditindak tegas.

“Terkait peryataan menteri ESDM saya sepakat agar yang menggunakan solar subsidi harus diberi sanksi”, ungkapnya pada Selasa (12/4/2022).

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, Pemilik tagline ‘Kendari Bisa’ ini juga menambahkan bahwa pemerintah harus tegas, sebab perusahaan tambang harus menggunakan solar industri bukan solar subsidi.

“Jadi saya mendukung pernyataan ESDM. Agar mereka segera mendata perusahan perusahaan, kan gampang datanya dari dinas ESDM. Kita pun ada datanya”, terangnya

“Kita bisa tau datanya dari bidang energi itu kan kita bisa tau pelaporan dari perusahaan di Sultra terkait penggunaan solar”, jelasnya

Masih kata dia, Sehingga dengan begitu kegiatan perusahaan-perusahaan tambang yang mengambil solar Subsidi bisa diketahui berapa banyak yang digunakan.

“Jadi kegiatannya berapa banyak dan solarnya berapa banyak. Kan bisa dipantau juga dengan pengambilan baik melalui langsung pertamina maupun agen-agen yang ada di indonesia maupun di Sultra, “ucapnya.

Untuk diketahui dalam pemberitaan sebelumnya kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Solar di Sejumlah SPBU terjadi di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Bahkan akibat langkahnya BBM jenis solar ini, terlihat antrian panjang Kendaran truk sedang dan truk besar di beberapa SPBU di Kendari.

Bahkan tak jarang pula para pengendara truk nekat membeli solar eceran milik pedagang emperan.

Dimana, harga BBM di tempat tersebut tentunya sangat berbeda dengan BBM yang ada di Stasiun SPBU.

Sebelumnya, menteri ESDM Arifin Tasrif kepada awak media, Jumat 8 April 2022, mengatakan bahwa pihaknya akan mendisiplinkan perusahaan tambang yang menggunakan solar subsidi.

Arifin juga mengimbau para perusahaan tambang untuk tidak menggunakan BBM subsidi. Jika tidak dihiraukan, maka pihaknya akan memberikan tindakan tegas.

Tim Liputan : Faizal Tanjung
Editor : Ewa

Pos terkait