Antisipasi Arus Mudik Lebaran, KSOP Kelas IIA Kendari Sidak ke Sejumlah Kapal

LANGITSULTRA.COM | KENDARI – Menjelang mudik lebaran tahun 2022, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IIA Kendari melakukan pemeriksaan terhadap kapal-kapal yang akan disiapkan untuk beroperasi.

Foto Istimewa

Kepala KSOP Kelas IIA Kendari, Agus Winarto mengatakan bahwa pengecekan kapal tersebut mengantisipasi jika ada temuan-temuan yang tidak di inginkan seperti alat keselamatan, masalah sekocinya intinya seluruh aspek keselamatan dalam kapal diperiksa semuanya.

Menurutnya, hal itu dilakukan supaya ada waktu perbaikan, apabila ada kerusakan atau temuan saat berlayar bisa berakibat fatal.

Bacaan Lainnya

“Kami juga sudah meminta sama operator kapal untuk menyiapkan kapal-kapal cadangan jelang mudik nanti karna ini menjadi tanggung jawab kami untuk aspek kelancaran, keselamatan, keamanan, ketertiban. Karna masyarakat ini sudah lebih 2 tahun sudah tidak balik kampung(Mudik), mungkin mudik tahun ini diperkirakan akan sangat besar”, ungkapnya pada Selasa (5/4/2022).

Lebih lanjut, dirinya menambahkan bahwa kapal yang ada itu 27 tapi belum beroperasi, masih dalam perbaikan dan yang beroperasi hanya 8 unit kapal.

Selain iti, pihaknya juga meminta operator kapal untuk menyiapkan cadangan nanti jika arus penumpang membludak dan aspek keselamatan hal utama.

“Untuk masyarakat yang mudik nanti harus mematuhi protokol kesehatan dan juga sudah melalukan vaksin satu dan ke dua dan juga sudah melakukan antigen”, terangnya.

Tim Liputan : Ewa
Editor : Faizal Tanjung

Pos terkait