Polres Baubau Terima Penghargaan Treasury Award 2022 Ditjen Perbendaharaan Kanwil Sultra

LANGITSULTRA.COM | BAUBAU – Polres Baubau berhasil menerima penghargaan Treasury Award tahun 2022 dari Ditjen Perbendaharaan Kantor Wilayah Sulawesi Tenggara. Penghargaan ini diterima langsung Kapolres Baubau, AKBP Erwin Pratomo pada Kamis (31/3/2022) lalu.

Kapolres Baubau Terima Penghargaan

Dalam kesempatan tersebut, Polres Baubau menerima penghargaan Treasury Award 2022, Peringkat I Kategoti Satker Pelaksana Anggaran Pagu Besar.

Kapolres Baubau, AKBP Erwin Pratomo mengungkapkan penghargaan yang diterima berdasarkan penilaian dari indikator pelaksana kinerja anggaran atau biasa disebut dengan IKPA.

Bacaan Lainnya

“Dapat kami sampaikan di sini, bahwa penghargaan yang diterima berdasarkan penilaian dari Indikator Kinerja Pelaksana Anggaran (IKPA)”, ungkapnya kepada media

Mantan Kapolres Konawe Selatan ini menyebutkan untuk mendapat peringkat 1 tersebut perlu berkompetisi dengan kurang lebih 400 Satker se-Sultra, dan menurutnya kinerja ini didapatkan atas kerja sama tim yang solid.

“Kerja sama tim yang solid antara Bagian Perencanaan Anggaran dan Pengelola Keuangan Satker Polres Baubau baik pada tingkat Bagian, Satuan, Seksi dan Polsek jajaran dan untuk mendapatkan Peringkat 1 tersebut, kita berkompetisi dengan kurang lebih 400san Satker se-Sultra”, jelasnya.

IKPA adalah indikator yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan selaku BUN untuk mengukur kualitas kinerja pelaksanaan anggaran belanja Kementerian Negara/Lembaga.

IKPA digunakan sebagai alat monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan anggaran yang disediakan oleh Ditjen Perbendaharaan yang terintegrasi pada Online Monitoring (OM) SPAN yang dijadikan ukuran dan mencerminkan kinerja satuan kerja atas kualitas perencanaan anggaran, kualitas pelaksanaan anggaran, serta kualitas hasil pelaksanaan anggaran.

IKPA memiliki 13 indikator yang terfokus pada 4 aspek utama dan 3 aspek kualitas.
4 Aspek :

  1. Kesesuaian Perencanaan dengan Pelaksanaan Anggaran
  2. Kepatuhan Terhadap Regulasi Pelaksanaan Anggaran
  3. Efisiensi Pelaksanaan Anggaran
  4. Efektifitas Pelaksanaan Anggaran

3 Aspek :

  1. Kualitas Perencanaan Anggaran
  2. Kualitas Pelaksanaan Anggaran
  3. Kualitas Hasil Pelaksanaan Anggaran

13 Indikator Kinerja :

  1. Revisi DIPA
  2. Deviasi Halaman III DIPA
  3. Pagu Minus
  4. Data Kontrak
  5. Pengelolaan UP dan TUP
  6. LPJ Bendahara
  7. Dispensasi SPM
  8. Penyerapan Anggaran
  9. Capaian Output
  10. Penyelesaian Tagihan
  11. Retur SP2D
  12. Pengembalian SPM
  13. Perencanaan Kas

Tim Liputan : Faizal Tanjung
Editor : Ewa

Pos terkait