Kendari Bakal Siapkan Sekolah Penggerak, Kadis Pendidikan : Kepala Sekolah Harus Lebih Inovatif

LANGITSULTRA.COM | KENDARI – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari mendorong semua sekolah baik tingkat taman kanak-kanak (TK) Sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) se-kota Kendari untuk menjadi sekolah penggerak.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Kadis Dikmudora Kendari, Makmur bahwa pihaknya memberikan kesempatan kepada semua kepala sekolah baik jenjang TK, SD, SMP se Kota Kendari untuk mendaftarkan diri.

“Nanti ada tim seleksinya dari kementerian yang di tunjuk bersama LPMP dan diknas, makanya kita mendorong semua sekolah untuk mengikuti seleksi”, ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, Sekolah Penggerak tersebut nanti akan menjadi katalis dalam bagaimana meningkatkan kemajuan sekolah untuk menggerakkan sekolah, makanya yang paling di pentingkan adalah pimpinannya atau kepala sekolahnya.

“Mereka ini akan mengimbaskan apa apa yang terbaik di sekolahnya yang sudah ditunjuk sebagai sekolah penggerak nanti mereka yang mengibaskan ke sekolah masing masing”, terangnya.

Selain itu, ia menambahkan bahwa nanti pada saat seleksi tidak akan semua terseleksi karena ada syarat syaratnya dan itu ketat.

“Bagaimana Program pilihan, program inovatif dalam membangun sekolah karena nanti itu pembelajaran berpusat ke siswa dan orientasinya hasil belajar dan itu tetap mengacu pada kurikulum yang ada”, jelasnya.

Untuk itu, dirinya berharap pihak kepala sekolah melakukan terobosan yang betul betul bisa menjadikan sekolah itu lebih dari pada yang lain, dan waktu yang diberikan 3 tahun.

“Setelah terpilih program tersebut diaplikasikan dalam waktu 1 tahun jika dalam kurun waktu 1 tahun terlihat ada perubahan nah itulah yang akan dibentuk jadi praktek baik yang diimbaskan ke sekolah sekolah lain,” tutupnya.

Editor : Ewa

Pos terkait