Kekurangan Pengajar, Dinas Pendidikan Harap Kuota P3K di Kendari Bisa Tutupi Kebutuhan Guru

LANGITSULTRA.COM | KENDARI – Akibat adanya moratorium terhadap pengangkatan guru beberapa tahun lalu oleh pemerintah pusat berdampak hingga di daerah.

Melalui Kepala Bidang PPTK Dikmudora Kendari mengatakan bahwa dampak dari moratorium tersebut dirasakan hingga ke daerah.

“Akibatnya, guru guru kita yang pensiun, yang diangkat jadi Kepala sekolah sudah tidak bisa lagi diisi oleh guru guru yang baru sehingga sekolah menggunakan jasa teman teman guru honorer”, ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Dirinya menambahkan bahwa pihaknya hanya berharap pada guru guru yang dimutasi dari luar daerah.

“Sekarang ini, karena sudah ada PPPK kita ini berharap dari teman teman yang sudah lulus pada tahap satu dan dua sudah ada”, terangnya.

“Kita berharap, paling tidak dari jumlah itu bisa menutupi angka kekurangan guru kita walaupun belum bisa memenuhi kebutuhan guru di kota kendari”, harapnya.

Menurutnya, dalam perekrutan PPPK beberapa waktu lalu, banyak peserta yang memenuhi passing grade namun dikarenakan pemilihan formasi sehingga mereka bisa mengisi formasi.

“Tetapi, memang ada formasi yang tidak terisi bahkan tidak ada pendaftarnya dikarenakan kurangnya lulusan bidang studi yang dimaksud”, jelasnya.

Tim Liputan : Faizal Tanjung
Editor : Ewa

Pos terkait