Gelar Vaksin Anak untuk Dua Bulan Kedepan, Pemda Kolut Siapkan Belasan Ribu Dosis

LANGITSULTRA.COM | KOLUT – Sebanyak 14.900 dosis vaksin untuk anak usia 6 hingga 11 tahun disiapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) saat menggelar vaksin perdana di halaman kantor polres kolut pada Kamis (20/1/2022).

Dalam kunjungannya, Bupati Kolaka Utara Nur Rahman Umar mengatakan bahwa vaksin ini menyasar semua kalangan sehingga kekebalan tubuh dapat terbentuk, apalagi saat ini tengah marak Covid-19 jenis omicron.

“Kami harapkan semua tingkatan dapat di vaksin, agar dapat meningkatkan imun serta antisipasi penyebaran omicron dan kita targetkan 14.900 dosis vaksin untuk dua bulan”, ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Di lokasi yang sama, Dokter ahli anak dr. Rahmawaty, NK, Sp.A, M.Kes menuturkan bahwa vaksin untuk anak 11-6 tahun aman dan setiap anak bakal divaksin dua kali dengan jarak satu bulan.

“Sebelum di vaksin, anak akan di screening apakah anak tersebut layak atau tidak divaksin, vaksin tidak dapat diberikan untuk anak-anak yang mengalami gangguan imun, deman dengan 77,5 celcius, anak menderita kangker, mengalami tekanan darah tinggi dan anak yang DM tidak terkontrol”, terangnya.

Untuk itu, guna menarik minat anak-anak untuk divaksin pihaknya bersama Polres Kolut menyiapkan arena bermain seperti Istana Balon, menghadirkan badut Mickey dan Minnie mouse, serta petugas vaksin pun menggunakan topi boneka, dan target vaksin 200 sampai 250 anak.

“Vaksin itu bukan sesuatu yang menakutkan, ini adalah sebagai salah satu upaya menangkal dan mengantisipasi penyebaran Covid-19 varian baru”, ucapnya.

“Untuk itu kita kemas dengan hal yang lucu dan menyenangkan bagi anak-anak untuk tidak takut”, tambahnya.

Editor : Faizal Tanjung

Pos terkait