Daerah

Mendikbud Bakal Terapkan Kurikulum Prototype, Dikbud Sultra : Pendidikan Kita Tidak Boleh Stagnan

LANGITSULTRA.COM | KENDARI – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) bakal menerapkan kurikulum pendidikan yang baru untuk tahun 2022.

Diketahui, Kurikulum yang disebut lebih fleksibel itu tidak diberlakukan lagi program peminatan atau jurusan pada jenjang SMA.

Dalam kurikulum baru tersebut, siswa kelas 11 dan 12 tidak lagi memilih jurusan IPA, IPS atau Bahasa. Peserta didik diberi kebebasan untuk memilih mata pelajaran sesuai minat, bakat dan aspirasi pelajar.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang (Kabid) SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sulawesi Tenggara (Sultra) La Samahu mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu intruksi dari pusat.

Pasalnya, rencana tersebut masih sebatas wacana dan surat edaran dari pihak terkait belum dikeluarkan.

“Yang namanya keputusan pemerintah, pastinya kami yang berada di daerah akan jalankan intruksi itu”, ungkapnya pada Selasa (4/1/2022).

Menurutnya, kurikulum baru yang digagas ini merupakan terobosan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan saat ini.

“Pada prinsipnya, pendidikan kita tidak boleh Stagnan, olehnya itu saat ini para ahli sedang melakukan pengkajian terkait kurikulum tersebut”, terangnya.

“Dinas pendidikan Sulawesi Tenggara bakal menerapkan kurikulum prototipe tersebut, dikarenakan saat ini sejumlah sekolah sedang giat-giatnya menjalankan sekolah penggerak”, jelasnya.

Sebagai informasi, dalam kurikulum prototipe nantinya, mata pelajaran IPA, IPS dan Bahasa bakal ditiadakan.

Tim Liputan : Faizal Tanjung
Editor : Ewa

Mendikbud Bakal Terapkan Kurikulum Prototype, Dikbud Sultra : Pendidikan Kita Tidak Boleh Stagnan
To Top