BLK Kendari Terus Berkolaborasi dengan Sektor Pendidikan Guna Tingkatkan SDM yang Unggul

LANGITSULTRA.COM | KENDARI – Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari lalukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari dalam rangka menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi kompetensi bagi mahasiswa.

Penandatangan Kerjasama tersebut dilakukan antara Kepala BLK Kendari Dr. La Ode Haji Polondu, S.Pd.,M.Pd. dan Dekan FIB UHO Kendari Dr. Akhmad Marhadi, S. Sos., M.Si, di Aula Serba Guna BLK Kendari, Jumat (24/12/2021) lalu.

Kepala BLK Kendari Dr. La Ode Haji Polondu dalam sambutannya mengatakan bahwa sebagai Lembaga Pelatihan BLK Kendari mengemban misi yang sama dengan FIB UHO, yakni sama-sama mengemban misi peningkatan kualitas SDM baik tentang ilmu pengetahuan maupun ketrampilan.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, Penandatangan Kerjasama ini  bertujuan untuk membantu dunia pendidikan dengan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengenal program dan kegiatan pelatihan kerja serta sertifikasi kompetensi di BLK Kendari.

“Hal ini sangat baik untuk menunjang angkatan kerja kita yang memiliki ilmu pengetahuan sesuai jurusannya serta memiliki ketrampilan yang diperoleh di BLK Kendari, sehingga diharapkan adik-adik mahasiswa benar-benar memiliki daya saing yang tinggi di era revolusi industri serta kompetisi global yang sangat ketat ini”, ungkapnya.

Lebih lanjut, dirinya menambahkan bahwa di era revolusi industri serta kompetisi global yang sangat ketat ini, saya berharap anak-anakku mahasiswa FIB UHO dapat memiliki empat kecerdasan, yaitu kecerdasan intelektual yang meliputi ilmu pengetahuan dan teknologi serta skill, kecerdasan spiritual, yang meliputi pemahaman dan pengamalan ajaran agama dengan sebaik-baiknya, kecerdasan emosional, yang meliputi pengendalian diri dan pandai dalam mengatasi serta menyelesaikan masalah yang dihadapi, serta kecerdasan sosial yang terkait dengan menjalin hubungan yang baik dan harmonis dengan siapa saja untuk menyemai, menebarkan serta menyebarkan kebaikan.

“Jika empat kecerdasan itu dimiliki, kemudian ditunjang dengan keterampilan yang kompeten maka tidak menutup kemungkinan, generasi saat ini akan menjadi penerus kepemimpinan masa depan serta menduduki jabatan-jabatan strategis, seperti Gubernur, Bupati/Walikota, Anggota DPRD dan lain sebagainya”, terangnya.

Selain itu, pihaknya juga menjelaskan bahwa BLK Kendari memiliki dua sertifikat yang akan diberikan kepada para peserta pelatihan setelah selesai mengikuti kegiatan pelatihan. Dua sertifikat itu ialah sertifikat yang dikeluarkan BLK Kendari dan sertifikat yang di keluarkan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) setelah melalui uji kompetensi.

Olehnya itu, ia mengatakan bahwa Sertifikat itu tidak diperjual belikan, karena nilainya yang tidak terukur. Sertifikat ini mempertaruhkan nama lembaga BLK Kendari, mempertaruhkan nama pemimpin yang menandatangani sertifikat, dan mempertaruhkan nama baik pemegang sertifikat itu sendiri.

“Untuk sertifikat yang dikeluarkan BNSP para peserta harus melalui uji kompetensi, dimana para pengujinya kami datangkan dari luar, sebagai bukti bahwa prosesnya benar-benar independen dan sangat obyektif,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Dekan FIB UHO Kendari Dr. Akhmad Marhadi, S. Sos., M.Si mengatakan, jika pihaknya berterima kasih atas terjalinnya perjanjian kerjasama yang baik dengan BLK kendari.

Hal itu, akan sangat membantu para mahasiswa FIB UHO Kendari dalam mendapatkan tambahan pengetahuan serta keterampilan baru.

“Dengan keterampilan dan pengetahuan baru itu, mahasiswa kami kelak ketika menjadi alumni, mereka benar-benar telah siap untuk terjun di dunia kerja, sebagai angkatan kerja yang kompeten dan berdaya saing”, ucapnya.

Lebih lanjut, ia berharap Program in akan sangat membantu untuk meminimalisir angka pengangguran bagi sarjana khususnya alumni FIB UHO Kendari karena mereka telah memiliki keterampilan yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya berharap kerjasama yang baik ini bisa terus terjalin, sehingga ke depan, angkatan kerja kita benar-benar memiliki daya saing dan tidak lagi dipandang sebelah mata,” tutupnya.

Tim Liputan : Ewa
Editor : Fatan

Pos terkait