Kanwil Kemenkumham Sultra Terima Kunjungan Kerja Komisi Tiga DPR-RI

LANGITSULTRA.COM | KENDARI – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Tenggara (Sultra) menerima kunjungan Kerja Komisi III DPR-RI dalam rangka Rapat Dengar Pendapat (RDP) pada masa reses persidangan II Tahun 2021-2022 di Provinsi Sultra pada Jumat (17/12/2021).

Selain Kemenkumham Sultra, ikut pula dalam RDP ini Pengadilan Tinggi Sultra, Pengadilan Agama Sultra dan Pengadilan Tata Usaha Negeri Kendari.

Dalam kesempatan tersebut, Kakanwil Kemenkumham Sultra, Silvester Sili Laba, didampingi Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin) Kortini JM Sihotang, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas), H. Muslim, Kepala Divisi Keimigrasian (Kadivim), Ganda Samosir, dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Kadivyankum), Maktub, memaparkan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Kantor Wilayah pada tahun 2021 diantaranya terkait anggaran dan juga pengawasan di bidang Pemasyarakatan dan Keimigrasian.

Bacaan Lainnya

Pemaparan disampaikan pula oleh Pengadilan Tinggi Sultra, Pengadilan Agama Sultra dan Pengadilan Tata Usaha Negeri Kendari dihadapan 11 Anggota Komisi III DPR-RI tersebut.

Wakil Ketua Komisi III DPR-RI, Pangeran Khairul Saleh, selaku Ketua Tim mengungkapkan bawa dari paparan yang disampaikan oleh Kakanwil Kemenkumham Sultra pihaknya menyimpulkan untuk memperjuangkan pembangunan Lapas Narkotika di Sultra.

“Pada prinsipnya di Kementerian Hukum yang sudah klasik terjadi adalah over kapasitas”, ungkapnya.

“Saya kira di Kendari ini setelah saya dengar paparan dari Pak Kakanwil tadi sudah sangat over terutama Napi Narkoba suda selayaknya dibuatkan lapas khusus mereka (Lapas Narkotika)”, terangnya.

Menurutnya, napi Narkotika harus dipisahkan dengan Napi lain sehingga tidak mempengaruhi napi lain terlibat Narkoba setelah bebas nanti.

“Saya kira penting untuk memisahkan Napi Narkotika, ini penting bagi kami Komisi III untuk memperhatikan dan mendalami lagi”, jelasnya.

Sementara itu, Kakanwil merasa bangga atas perhatian Komisi III DPR-RI untuk jajaran Kemenkumham Sultra. Dirinya berharap hal tersebut mampu membawa perubahan positif pada jajarannya.

“Terimakasih sudah memberikan perhatian pada jajaran Kemenkumham Sulawesi Tenggara, kami sangat bangga karena telah memberikan solusi serta penguatan terkait tugas dan fungsi kami”, ucapnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini diikuti pula oleh seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemenkumham Sultra baik Pemasyarakatan maupun Keimigrasian secara virtual.

Tim Liputan : Langit Sultra
Editor : Ewa

Pos terkait