BLK Kendari Kembali Buka Paket Pelatihan Talenta Muda, Diikuti 32 Peserta

LANGITSULTRA.COM | KENDARI – Paket Pelatihan Talenta Muda dengan Program Pelatihan Desain Produk dan Digital Marketing kembali digelar Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari bertempat di Aula Besar BLK Kendari, Jumat (10/12/2021).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Sultra H Abdurrahman Saleh SH MSi, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sultra, serta unsur Forkopimda.

Dalam sambutannya, Gubernur Sultra H Ali Mazi SH mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) melalui BLK Kendari yang terus berkomitmen dalam peningkatan kompetensi angkatan kerja yang ada di Sultra.

Bacaan Lainnya

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Ibu Menteri Ketenagakerjaan RI atas sinergi program dan komitmen bersama dalam peningkatan kompetensi masyarakat angkatan kerja di Sultra, juga memberikan apresiasi dan penghargaan atas kerja nyata yang dilakukan Kepala BLK Kendari Dr La Ode Haji Polondu beserta jajaran Keluarga Besar BLK Kendari, karena telah banyak membantu Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara dalam meningkatkan kompetensi SDM serta ikut membantu menekan angka pengangguran di Provinsi Sulawesi Tenggara”, ungkapnya.

Lebih lanjut, dirinya menambahkan dalam mengikuti kegiatan pelatihan tersebut harus serius dan bersungguh-sungguh. Pasalnya, jika nanti setelah menjadi alumni, para peserta pelatihan belum diterima untuk bekerja di dunia usaha atau dunia industri, maka bisa membuka usaha secara mandiri, nanti Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara dan DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara akan memberikan bantuan untuk memudahkan para Alumni Pelatihan dalam berwirausaha mandiri.

“Jadi jangan takut untuk memiliki keterampilan yang kompeten, sebab dengan itu kalian bisa sukses”, harapnya.

Untuk itu, dirinya mengajak seluruh yang hadir untuk bergandengan tangan dalam mengatasi persoalan angkatan kerja yang ada di Sultra termasuk penempatan Alumni Pelatihan BLK Kendari di dunia usaha dan dunia industri untuk menekan angka pengangguran.

“Dengan kerjasama yang baik diantara kita semua, maka segala persoalan ketenagakerjaan di Sulawesi Tenggara bisa kita selesaikan, baik itu menekan angka pengangguran atau melakukan percepatan pembangunan”, tambahnya.

Sementara itu, Kepala BLK Kendari Dr La Ode Haji Polondu dalam sambutannya juga mengatakan, pelatihan tersebut diikuti 32 peserta yang dibagi menjadi dua program pelatihan dan dilaksankan selama lima hari sejak 10 hingga 15 Desember 2021.

“Kegiatan ini merupakan program Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) untuk meningkatkan kompetensi talenta muda, dimana BLK Kendari mendapatkan dua paket pelatihan pada tahun 2021 ini”, terangnya.

Menurutnya, paket pelatihan ini merupakan solusi dari tantangan angkatan kerja generasi muda milenial baik yang bergerak pada bidang usaha mandiri atau kelompok dalam hal Desain Produk dan Digital Marketing agar dapat menembus pasar.

“Jadi, para peserta harus sungguh-sungguh dalam mengikuti pelatihan ini meski waktunya singkat”, jelasnya.

Untuk itu, pihaknya sangat berterimaksih atas bantuan yang diberikan Pemerintah Provinisi melalui Gubernur Sultra H Ali Mazi SH dan dukungan dari Ketua DPRD Sultra serta anggotanya dan seluruh masyarakat Sultra, sehingga BLK Kendari bisa mendapatkan hibah lahan milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara seluas lebih kurang 4,6 hektare yang rencananya pada tahun 2022 mendatang akan segera dilakkukan pembangunan workshop baru yaitu Workshop Otomotif Alat Berat untuk merespon kehadiran industri pertambangan di Sulawesi Tenggara.

“Insya Allah, ke depan kami akan semakin optimal dalam meningkatkan kompetensi angkatan kerja dan mendukung Program Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara dalam menciptakan tenaga kerja trampil serta menekan angka pengangguran di Sultra”, tutupnya.

Tim Liputan : Ewa
Editor : Fitho

Pos terkait