Daerah

Kanwil BPN Sultra Targetkan Program PTSL Rampung Tahun 2025

LANGITSULTRA.COM | KENDARI – Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyerahkan sertifikat tanah untuk rakyat di kantor BPN Sultra pada Kamis (9/12/2021).

Sertifikat tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Sultra Ali Mazi dan disaksikan langsung Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia secara virtual.

Kepala Kantor Wilayah BPN Sultra Iljas Tedjo dalam sambutannya mengatakan bahwa jumlah bidang tanah di Provinsi Sulawesi Tenggara adalah 1.915.690 bidang dengan jumlah bidang tanah yang telah terdaftar sebanyak 1.186.460 bidang (61,93%) dan yang belum terdaftar sebanyak 729.230 bidang (38,07%).

“Sehingga untuk menuju sultra lengkap hingga tahun 2025, kami perlu menyelesaikan target sekitar 182.000 bidang pertahun”, ungkapnya.

Lebih lanjut, dirinya menambahkan bahwa penyerahan sertifikat tersebut dilakukan di empat lokasi dan diikuti seluruh kantor pertanahan kabupaten/kota se-sultra secara virtual.

“Lokasi pertama berada di Kantor Wilayah BPN Sultra yang diikuti oleh 14 Kabupaten/kota dengan jumlah sertifikat yang diserahkan simbolis sebanyak 100 Bidang yang terdiri dari 93 bidang tanah masyarakat, 2 bidang tanah wakaf, 3 bidang tanah aset pemerintah desa dan 2 bidang tanah aset pemerintah provinsi sultra”, terangnya.

“Untuk 3 lokasi lainnya yaitu Baubau sebanyak 50 bidang, Kabupaten Buton Selatan sebanyak 14 bidang dan kabupaten Wakatobi sebanyak 22 bidang diserahkan pada masing masing kantor”, jelasnya.

Dirinya berharap sinergi yang terjalin dapat terus ditingkatkan guna menyukseskan kegiatan.PTSL ini.

“Kami targetkan akan selesai di tahun 2025”, tambahnya.

Di lokasi yang sama, Gubernur Sultra Ali Mazi mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) meski pelaksanaan program tersebut tidak berjalan begitu saja.

Namun, pihaknya melihat Kanwil BPN Sultra dan Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota dimana sebagai mitra dari pemerintah daerah telah berupaya semaksimal mungkin.

“Untuk itu, kami ucapkan terima kasih yang sebesar besarnya atas sinergitas dan kerjasama yang terjalin dengan baik selama ini”, ucapnya.

“Semoga melalui kegiatan ini, dapat memberikan manfaat yang besar guna peningkatan kesejahteraan masyarakat Sultra”, harapnya.

Tim Liputan : Faizal Tanjung
Editor : Ewa

Kanwil BPN Sultra Targetkan Program PTSL Rampung Tahun 2025
To Top