Kemenkes Sebut Kasus Covid-19 Alami Kenaikan di Kota Kendari, Ini Reaksi Kadis Kesehatan

LANGITSULTRA.COM | KENDARI – Kementerian kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) merilis data terbaru kasus Covid-19 pada Rabu (10/11/2021).

Dari data tersebut, terdapat dua daerah yang mengalami lonjakan kasus selama beberapa minggu terakhir, satu diantaranya Kota Kendari Sulawesi tenggara (Sultra).

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kota Kendari drg. Rahminingrum P, M.Kes saat ditemui awak media membenarkan kasus tersebut tapi pihaknya menampik jika terjadi saat ini.

Bacaan Lainnya

“Memang itu kasus ada dan nyata tapi itu kasus di bulan Juli yang tidak terinput dan itu bukan penambahan kasus baru”, ungkapnya.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan bahwa petugas puskesmas mata di tanggal 4 November itu langsung satu kali sembilan kasus padahal itu kasus di bulan Juli cuman kelewatan dilaporkan.

“Karena petugas kontrak mereka mengira ini aplikasi yang terkoneksi hanya di daerah saja jadi dia langsung input saja, Ternyata ini aplikasi terkoneksi langsung ke pusat”, tambahnya.

Dirinya menambahkan bahwa kesembilan orang yang terpapar tersebut sudah di nyatakan sembuh.

“Masalah ini tidak mempengaruhi level PPKM kita karena pada saat itu kasus aktif kita tinggal satu, jadi yang satu itu di tambah dengan sembilan di bagi dengan Jumlah penduduk itu tidak mempengaruhi level PPKM kita di Kota Kendari”, terangnya.

Akibat kelalaian tersebut, pihaknya sudah memberikan teguran terhadap puskesmas tersebut.

“Kepala puskesmas maupun pegawai yang bersangkutan tidak hanya itu pihaknya juga sudah melakukan klarifikasi terhadap pihak kementerian kesehatan republik Indonesia terkait kekeliruan tersebut”, jelasnya.

Tim Liputan : Faizal Tanjung
Editor : Ewa

Pos terkait