Daerah

Sebelum Diberangkatkan, Karantina Pertanian Kendari Periksa Kesehatan Sapi Asal Muna

LANGITSULTRA.COM | MUNA – Kabupaten Muna terkenal akan potensi pengembangan sapi bali. Hal ini terlihat dari banyaknya masyarakat yang melakukan pengembangan peternakan sapi bali.

Tak jarang sapi bali asal Muna memasok kebutuhan di Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Diketahui, Sebanyak 21 ekor sapi bali asal Muna diperiksa oleh Pejabat Karantina Pertanian Kendari sebelum diberangkatkan ke Sidrap, Sulawesi Selatan melalui Wilayah Kerja Pelabuhan Raha.

drh. Julian Satria selaku Pejabat Karantina Pertanian Kendari mengatakan bahwa pemeriksaan dilakukan untuk memastikan rombongan sapi bali yang akan berlayar menuju Sidrap bebas dari hama penyakit hewan karantina (HPHK).

“Pemeriksaan yang kami dilakukan meliputi kelengkapan dokumen berupa surat keterangan kesehatan hewan (SKKH), pemeriksaan fisik sapi dan pengambilan sampel darah untuk pengujian rose bengal test (RBT)”, ungkapnya.

Lebih lanjut, pihaknya menambahkan bahwa uji RBT bertujuan untuk memastikan sapi tersebut bebas dari brucellosis.

“Setelah dilakukan pemeriksaan dan dinyatakan sehat kami menerbitkan sertifikat kesehatan hewan (KH-11) sebagai bukti bahwa media pembawa bebas dari HPHK”, jelasnya.

Tim Liputan : Fitho
Editor : Ewa

Sebelum Diberangkatkan, Karantina Pertanian Kendari Periksa Kesehatan Sapi Asal Muna
Langit Sultra mengusung slogan Melihat Lebih Luas Dan Bijak merupakan media terpercaya, menyajikan informasi yang lebih jelas dan berimbang dalam memberitakan, serta menjadikan masyarakat lebih bijak menanggapi sebuah informasi, kami berkomitmen untuk memberikan dukungan bacaan yang baik dan bermutu demi terwujudnya media sebagai kontrol masyarakat yang positif dan mengedepankan persatuan demi terwujudnya indonesia yang lebih baik.

Copyright © 2018 Langitsultra[dot]com.

To Top