Gubernur Sultra Lepas Kontingen Atlet Paralimpik ke Papua

LANGITSULTRA.COM | KENDARI – Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021 rencananya dibuka pada 5 November Mendatang.

Upacara pembukaan Peparnas dijadwalkan berlangsung di Stadion Mandala, Kota Jayapura, dan bakal dihadiri langsung Presiden Joko Widodo.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) melepas kontingen atlet khusus penyandang difabel di Rumah Jabatan Gubernur pada Senin (1/11/2021).

Bacaan Lainnya

Gubernur Sultra Ali Mazi dalam sambutannya mengatakan bahwa keikutsertaan Sultra dalam ajang Peparnas, merupakan kali pertama.

“Oleh karena itu, Peparnas Papua menjadi sangat penting dalam mengukur kemampuan dan memberi pengalaman kepada para atlet Sultra”, ungkapnya.

“Tentu kita berharap kepada atlet yang berlaga semoga dapat meraih prestasi cemerlang dan dapat membawa pulang medali sebanyak-banyaknya”, tambahnya.

Dirinya menambahkan bahwa pihaknya akan terus memperhatikan para atlet yang akan memperjuangkan nama daerah.

“Pemerintah daerah berkomitmen akan terus memperhatikan pembinaan atlet-atlet olahraga di Sultra tanpa adanya diskriminasi”, terangnya.

Di lokasi yang sama, Ketua NPCI Sultra Kafaruddin mengatakan bahwa sebanyak 27 atlet akan berlaga pada lima cabang olahraga (cabor) dari 12 cabor yang dipertandingkan pada 62 nomor pertandingan.

“Lima cabor tersebut masing-masing atletik (17 atlet dengan 51 nomor pertandingan), bulutangkis (tiga atlet dengan lima nomor pertandingan), renang (dua atlet dengan enam nomor pertandingan, tenis meja (dua atlet dengan empat nomor pertandingan), dan catur (dua atlet dengan empat nomor pertandingan)”, ucapnya.

Dirinya menjelaskan bahwa persiapan keberangkatan menuju Papua dilakukan melalui serangkaian kegiatan, yakni tahap rekrutmen dalam bentuk klasifikasi dan seleksi awal di daerah pada empat titik, yaitu Kota Baubau, Raha, Kolaka, dan Kota Kendari.

“Tahap pemusatan latihan yang berlangsung di Kendari selama 48 hari mulai tanggal 15 September sampai dengan 1 November 2021″, tutupnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut unsur forkopimda, pimpinan lembaga vertikal baik sipil maupun TNI/Polri, dan sejumlah pejabat tinggi pratama lingkup pemprov melepas total 27 atlet paralimpik Sultra. Sekretaris Daerah Nur Endang Abbas selaku Ketua kontingen Sultra.

Tim Liputan : Faizal Tanjung
Editor : Fitho

Pos terkait