Daerah

Tak Berizin, Warga Nekat Bangun Pasar Mokoau, Beberapa Sudah Berjualan

LANGITSULTRA.COM | KENDARI – Meski belum mengantongi Izin, sejumlah warga tetap saja melakukan pembangunan pasar swadaya yang berada di Kelurahan Mokoau, Kota Kendari.

Sebelumnya, DPRD dan Pemkot telah berulang kali mengingatkan agar warga tidak mendirikan pasar di wilayah itu, dikarenakan melanggar aturan yang ada.

Hal tersebut justru membuat warga tetap melakukan pembangunan kios, bahkan kini beberapa warga telah berjualan di lokasi tersebut.

seorang pemilik los yang enggan disebutkan namanya mengatakan bahwa saat ini mereka sudah mulai mengisi kios dengan barang dagangan.

“Tidak lamami mau beroperasi. Kalau kios yang sudah jadi mau beroperasi mi”, ucapnya.

Melihat kondisi Pasar yang kian banyak bangunan, Sahabuddin selaku Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Kendari mengatakan bahwa sejak awal pihaknya meminta pedagang di loaksi tersebut taat terhadap aturan.

Menurutnya, ke depannya pihaknya khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Menurut informasi yang kami terima dari Pemkot bahwa Satpol-PP tinggal menunggu kajian dari PUPR terkait persoalan Pasar Mokoau. Tapi pada intinya, akan dilakukan penertiban di pasar itu”, ungkapnya.

Lebih lanjut, ia berharap agar masyarakat bisa memahami alasan mengapa di wilayah itu pasar tidak dibolehkan untuk membangun.

”Berdasarkan kajiannya jika di wilayah itu dibangun pasar, maka akan berdampak pada lingkungan”, terangnya.

“Karena disitu ada aliran sungai sehingga dengan adanya pasar dapat memicu terjadinya pencemaran,” jelasnya.

Dirinya mengimbau masyarakat agar tidak melakukan aktivitas di Pasar Mokoau mengingat belum adanya izin dari Pemkot.

“Kalau menurut saya, masyarakat harus menahan diri dulu untuk melakukan aktivitas di situ sampai semuanya selesai. Kalaupun misalnya pemerintah kota tidak mengeluarkan izin, ya masyarakat juga harus bisa legowo terkait persoalan itu”, tambahnya.

Sementara itu, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir meminta kepada seluruh pelaku usaha termasuk di Mokoau untuk tetap mematuhi aturan yang berlaku sehingga ke depannya tidak menimbulkan masalah di kemudikan hari.

“Artinya kalau tidak ada izinnya kan berarti ilegal. Pasti tidak akan memberikan manfaat yang maksimal”, tegasnya.

Lebih lanjut, pihaknya tetap tegas akan menindak jika masyarakat tetap nekat menabrak aturan yang ada.

“Kalau tidak ada izin, Pemkot tidak akan memberikan ruang tapi kalau ngotot terus, kami akan tegas”, tutupnya.

Tim Liputan : Ewa
Editor : Fatan

Tak Berizin, Warga Nekat Bangun Pasar Mokoau, Beberapa Sudah Berjualan
Langit Sultra mengusung slogan Melihat Lebih Luas Dan Bijak merupakan media terpercaya, menyajikan informasi yang lebih jelas dan berimbang dalam memberitakan, serta menjadikan masyarakat lebih bijak menanggapi sebuah informasi, kami berkomitmen untuk memberikan dukungan bacaan yang baik dan bermutu demi terwujudnya media sebagai kontrol masyarakat yang positif dan mengedepankan persatuan demi terwujudnya indonesia yang lebih baik.

Copyright © 2018 Langitsultra[dot]com.

To Top