Bersama Pemkot, Kemenag Baubau Luncurkan Program Samawa Five in One

LANGITSULTRA.COM | BAUBAU – Kantor Kementerian Agama (Kan Kemenag) Kota Baubau meluncurkan program yang disebut Samawa Five In One (5 in 1).

Dalam kesempatan tersebut, Kemenag Baubau juga menggandeng pemkot Baubau serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dalam penandatanganan Nota Kesepakatan atau Memorandum of Understanding (MOU)

Program ini bagian dari upaya meningkatkan dan mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan Nikah di Kantor Kemenag Kota Baubau dan data kependudukan terbaru dari Dis Duk Capil Kota Baubau setelah melangsungkan pernikahan.

Bacaan Lainnya

Penandatanganan oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Baubau, H. Rahman Ngkaali, S.Ag., M.Pd dan Kadis Dukcapil Baubau, Drs. Arif Basari, M.Si, disaksikan Walikota Baubau, Dr. H. AS Tamrin, MH didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau, Dr. Roni Muhtar, MPd, terlaksana di Aula Kantor Walikota Baubau, Prov. Sultra, Sabtu, (9/10/2021).

Kepala Kantor Kemenag Baubau H. Rahman Ngkaali menjelaskan bahwa Program 5 in 1 berarti 1 peristiwa akad nikah bagi pengantin akan langsung mendapatkan 5 dokumen kependudukan, yaitu Buku Nikah, Kartu Nikah, e-KTP dan KK (data yang telah di update) dan 1 Buah Buku sebagai Panduan Ber Po5.

“Kegiatan ini sebagai upaya menyongsong program prioritas Kemenag RI, yaitu revitalisasi KUA”, ungkapnya.

Lebih lanjut, dirinya menambahkan bahwa poin penandatangan Kerja sama MOU dengan Dukcapil Baubau ini adalah bagaimana membantu dan mempermudah akses masyarakat dalam menerima pelayanan, misalnya, dalam hal kepemilikan dokumen kependudukan.

“Kalau selama ini, para penghulu kita setelah menikahkan dan yang diserahkan itu hanya buku nikah 2 Buah untuk pengantin laki- laki dan perempuan”, terangnya.

“Dengan program ini, pihak pengantin akan mendapatkan 5 dokumen kependudukan, yaitu Buku Nikah laki- laki dan perempuan, Kartu Nikah, e-KTP dan KK serta buku Po5”, tambahnya.

untuk itu, pihaknya terus mengoptimalkan serta mensinkronisasikan upaya kebijakan Smart City Pemda Baubau.

“Program ini untuk meningkatkan dan mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan Nikah di Kantor Kemenag Kota Baubau dan Dispenduk Capil Baubau menyangkut data kependudukan terbaru setelah dinikahkan”, jelasnya.

Sementara itu, Kadis Dukcapil Kota Baubau,
Drs. Arif Basari, M.Si mengatakan untuk menyukseskan dan mendukung program Samawa Five in One, selain dari pada buku nikah, kartu nikah, dan buku PO 5, pihaknya akan menerbitkan dua dokumen sebagai bahan pelengkap program tersebut, yakni kartu keluarga dan E-KTP.

“Jadi ketika mayarakat atau pasangan Calon pengantin selesai dinikahkan oleh penghulu maka dia langsung dapat 5 dokumen”, ucapnya.

Diketahui, kegiatan dihadiri para pejabat Dinas Dukcapil, para Camat, Lurah Se_Kota Baubau, para Kepala KUA Kecamatan dan Penyuluh Agama PNS di lingkungan Kantor Kemenag Baubau.

Tim Liputan : Ewa
Editor : Fitho

Pos terkait