Dinkes Kendari Edukasi Pelaku Usaha Soal Keamanan Pangan Bagi Masyarakat

LANGITSULTRA.COM | KENDARI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari berkolaborasi dengan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar edukasi keamanan pangan pada konsumen dan pedagang kuliner.

Kegiatan tersebut dikuti ratusan peserta yang terdiri dari pedagang kuliner, UMKM, serta tokoh masyarakat.

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kota Kendari drg. Rahmaningrum, menuturkan bahwa edukasi tersebut bertujuan untuk melindungi masyarakat agar memahami jenis makanan yang aman dan sehat.

Bacaan Lainnya

“Di samping kita harus makan, juga makanan yang akan kita konsumsi itu dipastikan harus aman”, ungkapnya.

Lebih lanjut, dirinya menyampaikan bahwa ada warga kota kendari yang keracunan akibat mengonsumsi makanan, sehingga satu keluarga tersebut dirawat di rumah sakit kota Kendari.

“Betul-betul kejadian kemarin menjadi pembelajaran buat kita”, terangnya.

“Makanan sehat yang dikonsumsi sebaiknya tidak menggunakan pewarna makanan, pemanis makanan apalagi pengawet atau sebaiknya makanan yang akan dikonsumsi sebelum disajikan menggunakan penutup agar terjaga keamanannya”, jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang bisa jadi wadah edukasi bagi masyarakat.

Selain itu, pihaknya juga kini melihat kualitas bahan pangan sebagai faktor yang dapat mempengaruhi kondisi seseorang.

“Ini sangat baik, selama inikan kita berbicara tentang kecukupan pangan. Tapi hari ini kita bicara tentang kualitasnya, bagaimana pangan yang kita konsumsi itu aman, bergizi dan bermanfaat untuk tubuh kita,” ucapnya.

Tim Liputan : Fatan
Editor : Ewa

Pos terkait