Jadi Salah Satu Penghasil Nikel, Sultra Siap Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik

LANGITSULTRA.COM | KENDARI – Sebagai daerah dengan Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah, Provinsi Sulawesi Tenggara kedepannya bakal menjadi penyumbang baterai kendaraan listrik terbesar di dunia.

Parinringi selaku Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu atau (DPM-PTSP) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengatakan saat ini sedang dalam tahap persiapan pembangunan dan potensi terbesar terdapat di Sultra, Sulteng, dan Halmahera.

“Di Sultra sendiri telah digagas pendukung industri tersebut, yaitu Indonesia Konawe Industrial Park (IKIP) nantinya industri tersebut akan menyuplai bahan baku pembuatan baterai listrik”, ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa jika IKIP telah beroperasi maka otomatis akan menyerap tenaga kerja lokal yang akan berdampak pada menurunnya tingkat pengangguran di Sultra.

“Sultra telah siap dalam menghadapi industri tersebut namun yang menjadi persoalan yaitu apakah masyarakat mendukung penuh akan kehadiran industri baru itu”, terangnya.

Menurutnya, sebesar apapun ide dan gagasan yang direncanakan tak akan mungkin dapat terlaksana tanpa adanya dukungan dari masyarakat serta seluruh stakeholder.

“Jadi semuanya harus mendukung setiap investasi yang masuk di Sultra terutama Investor besar”, jelasnya.

“Dengan melihat potensi yang ada di daerah kita ini diharapkan kedepannya juga perusahaan Tesla dapat masuk di Sultra”, tambahnya.

Untuk diketahui, PT IKIP merupakan industri pemurnian nickel dan Pabrik Baterai Lithium yang berlokasi di Kecamatan Routa yang memiliki luas kawasan industri sekitar 3.500 hektar.

Tim Liputan : Faizal Tanjung
Editor : Ewa

Pos terkait