indonesiabaik

Peserta Aktif Menurun, Dewas BPJS Ingatkan Untuk Selalu Koordinasi

LANGITSULTRA.COM – JAKARTA – Dewan Pengawas (Dewas) BPJS Kesehatan menggelar rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI di Gedung DPR RI pada Kamis (16/9/2021).

Ketua Dewas BPJS Kesehatan mengatakan bahwa pandemi Covid-19 berdampak besar terhadap kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional.

Pandemi saat ini juga membuat peserta aktif BPJS Kesehatan aktif menurun.

“Ada kecenderungan bahwa peserta aktif, artinya yang memenuhi kewajiban membayar premi, semakin menurun. Artinya yang tidak aktif cenderung untuk bertambah”, ungkapnya.

Lebih lanjut, iamenyebut, penurunan kepesertaan aktif tersebut akibat masyarakat kehilangan pekerjaannya.

Selain itu, banyak juga masyarakat yang kehilangan tulang punggung keluarga hingga meninggal dunia karena Covid-19.

“Ada yang menjadi yatim bahkan yatim piatu karena covid dan ini akan menjadi permasalahan di dalam kaitan dengan kesinambungan pembayaran premi”, terangnya.

Dirinya mengimbau seluruh jajaran Direksi BPJS Kesehatan melakukan koordinasi aktif dengan kementerian terkait dalam upaya memaksimalkan pemenuhan peserta.

Menurutnya, perlu ada solusi alternatif terkait relaksasi iuran bagi peserta bukan penerima upah yang tidak memiliki kemampuan membayar iuran akibat pandemi Covid-19.

Selanjutnya, ia meminta ada perhatian khusus dan berbagai upaya inovasi untuk meningkatkan keaktifan peserta BPJS Kesehatan.

“Harus ada strategi yang tajam dalam kaitan dengan perluasan kepesertaan untuk mencapai target-target universal health coverage”, tutupnya.

Tim Liputan : Uci
Editor : Fatan

Peserta Aktif Menurun, Dewas BPJS Ingatkan Untuk Selalu Koordinasi
Langit Sultra mengusung slogan Melihat Lebih Luas Dan Bijak merupakan media terpercaya, menyajikan informasi yang lebih jelas dan berimbang dalam memberitakan, serta menjadikan masyarakat lebih bijak menanggapi sebuah informasi, kami berkomitmen untuk memberikan dukungan bacaan yang baik dan bermutu demi terwujudnya media sebagai kontrol masyarakat yang positif dan mengedepankan persatuan demi terwujudnya indonesia yang lebih baik.

Copyright © 2018 Langitsultra[dot]com.

To Top