Daerah

Masuk Dalam Proyek Strategis Nasional, Bendungan Ladongi Bakal Diresmikan Jokowi

LANGITSULTRA.COM | KENDARI – Proyek Strategis Nasional (PSN) Bendungan Ladongi Di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) rencana bakal dihadiri dan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia pada bulan oktober mendatang.

Anggaran pengerjaan proyek tersebut berasal APBN dengan nilai Rp1,2 trilliun dan daya tampung mencapai 45,95 juta meter kubik. Bendungan tersebut, merupakan satu-satunya yang ada di wilayah Sultra.

Rahmat Sanusi selaku Humas Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV Kendari menuturkan saat ini progres bendungan tersebut sudah mencapai 96 persen sejak dibangun di 2016 silam.

“Tersisa empat persen bagian yang perlu dirampungkan, termasuk tamannya kemudian akses masuknya dan tiga helipad”, ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa Bendungan dengan luas genangan 185,57 hektar itu memakan waktu empat sampai lima bulan untuk menggenangi semua area.

“Diproyeksikan terisi dengan air secara keseluruhan pada awal januari tahun 2022”, terangnya.

Dirinya menambahkan, bendungan tersebut akan menyiapkan air baku dengan debit 0,12 meter kubik perdetik.

“Bendungan ini juga mampu menghasilkan listrik dengan tenaga air sebesar 1,30 MW”, tambahnya.

“Selain itu, Bendungan ini juga bermanfaat untuk irigasi persawahan seluas 3.604 hektare dan mampu mengendalikan banjir 132,25 meter kubik perdetik”, jelasnya.

Untuk diketahui, bendungan ladongi yang berada di kabupaten koltim merupakan satu dari 13 proyek strategis nasional pemerintah pusat.

Tim Liputan : Faizal Tanjung
Editor : Ewa

Masuk Dalam Proyek Strategis Nasional, Bendungan Ladongi Bakal Diresmikan Jokowi
Langit Sultra mengusung slogan Melihat Lebih Luas Dan Bijak merupakan media terpercaya, menyajikan informasi yang lebih jelas dan berimbang dalam memberitakan, serta menjadikan masyarakat lebih bijak menanggapi sebuah informasi, kami berkomitmen untuk memberikan dukungan bacaan yang baik dan bermutu demi terwujudnya media sebagai kontrol masyarakat yang positif dan mengedepankan persatuan demi terwujudnya indonesia yang lebih baik.

Copyright © 2018 Langitsultra[dot]com.

To Top