Daerah

Gelar Bimwin Pra Nikah, Kemenag Baubau Sasar Usia Remaja

LANGITSULTRA.COM | BAUBAU – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Baubau menggelar Bimbingan Perkawinan (Bimwin) Pra Nikah Remaja di Kota Baubau secara Darring (melalui Zoom Meeting) dan Lurring di laboratorium Madrasah Aliyah Negeri 1 Baubau.

Kegiatan tersebut di buka Kepala Kantor Kemenag Kota Baubau, H. Rahman Ngkaali” didampingi Kasi Bimas Islam Kankemenag Baubau, H. Sanudin, dihadiri langsung Ketua DWP Kemenag Baubau, Rahmatia Sibly, bersama Pengurus serta JFU, JFT Kemenag Baubau, Ketua Kelompok Kerja Penyuluh Agama Islam dan Kepala; MAN 1, MTsN dan MIN Baubau bersama Dewan Guru serta sejumlah siswa, sementara itu Para Kepala KUA dan sejumlah remaja mengikuti secara daring di Kantornya masing-masing.

Kegiatan bimwin Pra Nikah bagi usia remaja baru di gelar tahun ini mengingat pandemi Covid-19 yang melanda dunia.

Bimwin kali ini melibatkan peserta remaja usia sekolah dengan di ikuti lebih dari 250 siswa, siswi MAN 1 Baubau dan MTsN Baubau serta partisan lain yang terhubung secara Virtual.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Baubau, H. Rahman Ngkaali, menjelaskan Bimbingan Pra Nikah bagi usia Remaja diselenggarakan dalam rangka mencegah Pernikahan di usia dini, memberi edukasi tentang tata cara penyelenggaraan akad nikah.

“Agar remaja dapat mengetahui, memahami termasuk mempersiapkan keluarga dan generasi yang bahagia, mapan secara mental dan spritual sejak dini sebagai bekal ilmu pengetahuan untuk masa mendatang”, ucapnya.

“Bimbingan Pra Nikah adalah pemberian bekal pengetahuan, pemahaman, keterampilan untuk penumbuhan kesadaran kepada remaja usia nikah khususnya dan remaja pada umumnya, tentang kehidupan berumah tangga”, tambahnya.

Lebih lanjut, dirinya berharap agar kedepan setiap remaja bisa memastikan pernikahannya terselenggara dan berjalan sesuai ketentuan yang berlaku baik hukum agama maupun hukum negara.

Sementara itu, Saiful yang merupakan salah satu peserta mengucapkan terima kasih pada Kementerian Agama Kota Baubau atas kegiatan bimbingan Pra Nikah remaja yang baru pernah terjadi.

“Saya dan teman-teman ucapkan terima kasih karena sudah diperkenalkan pada kami sebagai tambahan pengetahuan kami akan pemahaman, aturan pernikahan dan kesiapan dalam pernikahan”, terangnya.

Diketahui, kegiatan yang dikemas dalam bentuk Ceramah, diskusi dan tanya Jawab ini, berlangsung dengan Prokes dengan menghadirkan 4 orang narasumber berkompoten di bidangnya (3 pembicara dari Kemenag Kota Baubau dan 1 dari Dinas Pemberdayaan Perempuan).

Tim Liputan : Langit Sultra
Editor : Fatan

Gelar Bimwin Pra Nikah, Kemenag Baubau Sasar Usia Remaja
Langit Sultra mengusung slogan Melihat Lebih Luas Dan Bijak merupakan media terpercaya, menyajikan informasi yang lebih jelas dan berimbang dalam memberitakan, serta menjadikan masyarakat lebih bijak menanggapi sebuah informasi, kami berkomitmen untuk memberikan dukungan bacaan yang baik dan bermutu demi terwujudnya media sebagai kontrol masyarakat yang positif dan mengedepankan persatuan demi terwujudnya indonesia yang lebih baik.

Copyright © 2018 Langitsultra[dot]com.

To Top